Instalasi seni berupa ikan yang membusuk dengan bordir-bordir dan manik-manik tiba-tiba memicu kebakaran minor di sebuah galeri seni di kota London. Instalasi seni yang berjudul "Majestic Splendor" dari seorang seniman Korea bernama Lee Bul seharusnya dijadwalkan untuk dibuka di Galeri Hayward, London pada 30 Mei. Kemudian, beberapa jam sebelumpreviewpertama, ikan tersebut meledak, menyebabkan kebakaran yang merusak bagian kecil dari galeri.

Meskipun pameran belum dibuka untuk umum, pejabat galeri sebelumnya telah memutuskan untuk menghapus "Majestic Splendor" dari pertunjukan karena alasan keamanan. Mereka telah belajar sebelumnya bahwa bahan kimia yang ditambahkan ke kantong ikan untuk meredam bau bisa dengan mudah terbakar setelah bergabung dengan gas yang dilepaskan oleh daging yang membusuk, saat diturunkan itulah tiba-tiba karya seni tersebut terbakar.

Sebuah galeri seni di London terbakar karena ikan busuk

Karya seni "Majestic Splendor" sendiri berupa puluhan tas plastik kecil transparan yang dipasang di dinding. Masing-masing berisi ikan busuk yang dihias dengan bordiran dan manik-manik. Hal tersebut merupakan kritik pedas Bul pada sekilas keindahan wanita namun hanya memikirkan penampilan luar saja, menurut katalog pada pameran sebelumnya di MoMA (Museum of Modern Art), New York pada 1997.

Tapi setelah unit pendingin yang dirancang khusus untuk instalasi MoMA gagal, baunya menjadi sangat busuk sehingga pejabat museum memutuskan untuk menghapusnya. Sejak saat itu pada pertunjukan-pertunjukan berikutnya, sebuah bahan kimia penghilang bau yang dikenal sebagai kalium permanganat ditambahkan dalam karya tersebut.

Ketika ikan membusuk, mereka akan mengeluarkan senyawa amino yang menghasilkan bau yang sangat kuat dan khas "amis". Tetapi senyawa ini tidak hanya bau, mereka juga berpotensi meledak. Ikatan molekul tertentu yang menghubungkan hidrogen dan karbon dapat melepaskan banyak energi ketika diuapkan, ikatan berenergi tinggi dalam molekul hidrokarbon menjadi semacam bahan bakar (membuatnya sangat mudah terbakar) dan memungkinkan terjadinya ledakan di bawah kondisi yang tepat.

Untuk pertunjukan baru (setelah bencana bau di MoMA), kalium permanganat - juga dikenal sebagai KMnO4 - ditambahkan ke "Majestic Splendor" untuk mengurangi bau ikan yang membusuk. KMnO4 adalah pilihan yang baik untuk menutupi bau yang kuat, zat kimia ini adalah agen pengoksidasi yang baik, bereaksi dengan berbagai senyawa organik yang mudah menguap dan berbau untuk menghasilkan senyawa yang jauh lebih sedikit atau tidak berbau.

Tapi ketika dikombinasikan dengan bahan yang mudah terbakar, KMnO4 diketahui dapat memicu ledakan dalam kondisi tertentu. Kemungkinan bahwa senyawa yang dihasilkan oleh ikan yang membusuk berinteraksi dengan KMnO4 untuk memicu pembakaran. Kemungkinan juga bahwa ledakan itu disebabkan oleh penumpukan tekanan dari gas yang terperangkap dalam plastik sehingga tidak ada tempat untuk pergi.

Setelah insiden tersebut, petugas pemadam kebakaran segera memadamkan api, dan seorang penjaga keamanan harus dirawat karena menghirup asap. Kerusakan pada Galeri Hayward dari api itu tidak besar dan hanya mempengaruhi satu bagian kecil dari ruang pameran. Pada tanggal 1 Juni Galeri Hayward sudah dibuka kembali untuk pertunjukan seni berjudul "Crashing" - tentunya tanpa penampilan ikan yang berbau dan tidak stabil.