×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Reusable bag, langkah untuk mengurangi pencemaran alam oleh plastik

0

News

Reusable bag, langkah untuk mengurangi pencemaran alam oleh plastik

Plastik yang menimbulkan banyak efek negatif bagi lingkungan harus digantikan dengan kreasi yang lebih bermanfaat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

tina wong

14 / 02 / 2019 11:14

Plastik adalah polimer rantai panjang atom mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau "monomer". Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang. Tulang-belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan.
Plastik terbuat dari minyak bumi dengan proses mengubah komponen minyak bumi menjadi molekul kecil yang disebut monomer. Kegiatan memproduksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel bahan baku minyak. Untuk mengubah minyak bumi menjadi monomer digunakan cara pembakaran. Dari metode inilah banyak gas rumah kaca diemisi ke atmosfer.

Adapun hal-hal atau cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi pencemaran akibat sampah plastik di lingkungan, meningkatkan kesadaran bahwa banyak sekali bahan yang terbuat dari plastik memiliki kegunaan yang penting. Kelebihannya yang tidak mudah pecahdan tidak mudah rusak. Namun juga sudah saatnya untuk masyarakat sadar bahwa plastik memiliki bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkannya bagi kehidupan.

Oleh karena itu, sebelum menjadi semakin buruk, marilah bersama-sama mulai mengurangi penggunaan plastik, terutama kantong plastik. Jangan membuang sampah plastik dan sampah-sampah lainnya secara sembarangan, apalagi sampai membuangnya ke sungai atau ke laut serta membakar sampah-sampah plastik secara sembarangan, baik di lingkungan terbuka maupun di lingkungan tertutup sekalipun cara-cara tersebut bisa menjadilangkahawal untuk melakukan pencegahan.

Demi menghindari membawa kantong plastik, kita bisa membawa wadah sendiri dari rumah. Plastik yang dibuang dapat didaur ulang dan dijadikan atau dibuat sebagai tas, dompet, maupun kantong plastik kembali. Selain itu, dengan adanya kantong plastik bio-degradable juga dapat membantu mengatasi pencemaran lingkungan karena plastik dapat bertahan hingga batas tertentu.

tas palstik istimewa

Loading...

Nah, kamu bisa menggunakan Reusable Bag berupa tas kertas atau tas kain. Reusable Bag merupakan karya yang indah dipandang mata karena memiliki desain yang lucu dan menarik. Banyak juga yang memiliki desain simple, semuanya tergantung kebutuhan dan selera. Tas ini bisa digunakan saat membawa barang-barang belanjaanmu daripada menenteng kantong plastik kresek.

Reusable Bag bisa dibuat sendiri hanya dengan bantuan mesin jahit, kain perca, atau kain sisa yang tidak terpakai, benang, jarum dan pola tas yang kalian inginkan. Setelah semua alat dan bahan disediakan bisa langsung mencontoh cara pembuatannya di internet sesuai dengan seleramu. Keuntungan lain dari Reusable Bag yaitu bisa digunakan berkali-kali karena bisa dicuci kembali setelah pemakaian.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red