Anak merupakan prioritas bagi orang tuanya dan kesehatan adalah hal yang paling diutamakan. Salah satu indikator penentu kesehatan adalah berat badan. Dari berat badan dapat diketahui apakah anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya atau tidak. Apalagi di tahun pertamanya, makanan bayi satu tahun haruslah diperhatikan untuk menjaga agar anak sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah, untuk itu bunda harus simak artikel kali ini tentang resep makanan untuk bayi 1 tahun agar menambah berat badan.

Resep makanan bayi 1 tahun untuk menambah berat badan Si Kecil

Pada usia 1 tahun, biasanya berat badan bayi sedang masa tumbuhnya. Anak akan mudah sekali menerima makanan, namun sekaligus anak semakin aktif seperti belajar merangkak dan berjalan. Tentu aktivitas tersebut juga mempengaruhi berat badan si kecil. Untuk dapat menaikkan berat badan si kecil, Anda harus memberikan makanan yang bergizi secara teratur. Berikan resep makanan bayi 1 tahun penambah berat badan namun jangan dulu berikan makanan yang terlalu padat jika si kecil belum mampu. Makanan padat sebaiknya bunda berikan ketika menginjak usia 7 atau 8 bulan ke atas.

Resep Makanan Bayi Penambah Berat Badan

Berbicara mengenai makanan bayi 1 tahun, sebenarnya banyak sekali jenis dan ragamnya. Namun sebagai orangtua perlu juga diperhatikan kemampuan si kecil berdasarkan usianya. Inilah resep makanan bayi 1 tahun penambah berat badan.

ASI
Sudah diketahui bahwa ASI adalah makanan pokok bayi dan terbaik untuk anak usia 6 bulan. Sebaiknya, berikan ASI kepada anak secara eksklusif selama 6 bulan dengan tidak memberikan makanan apapun selain ASI. Karena perlu diketahui bahwa ASI sudah mengandung cukup nutrisi dan gizi yang dibutuhkan bayi usia 0-6 bulan. Jadi, tak perlu khawatir jika bayi usia 0-6 bulan hanya diberikan ASI saja karena itu sudah memenuhi kebutuhan si kecil.

Bubur Pisang
Jika anak sudah berusia di atas 6 bulan atau sudah 1 tahun, bunda bisa berikan makanan lain selain ASI namun bukan makanan keras seperti bubur pisang. Bunda bisa buat bubur pisang ini sendiri di rumah. hanya tinggal haluskan buah pisang sampai benar-benar lembut. Anda bisa tambahkan nasi yang sudah di blender lembut. Campurkan nasi yang sudah diblender dan nasi yang sudah halus dan tambahkan sedikit air atau ASI. Bubur pisang mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan kalori yang padat.

Bubur Beras Daging Cincang
Selain bubur pisang, bunda bisa juga berikan si kecil dengan bubur beras daging cincang. Cara membuat bubur beras danging cincang:

- Pertama, kukus beras setengah matang, kemudian angkat terlebih dahulu.

- Kedua, Buat kaldu ayam dengan cara tumis bawang putih terlebih dahulu kemudian masukkan daging giling dan tambahkan air kaldu, masak hingga matang.

- Ketiga, didihkan air kaldu, kemudian masukkan beras setengah matang dan masak hingga jadi bubur.

- Keempat, masukkan tumisan danging ke dalam bubur kemudian aduk dan masak hingga matang.

- Kelima, blender hingga halus dan hidangkan.

Alpukat
Selain pisang, bunda juga bisa berikan buah alpukat sebagai makanan bayi 1 tahun untuk menambah berat badan. Berikan alpukat seperti jus yaitu blender alpukat hingga lembut, tambahkan sedikit saja pemanis agar tidak pahit. Selain bagus untuk menambah berat badan, alpukat juga baik untuk pencernaan bayi.

Berikan bayi 1 tahun dengan resepmakanan bayi satu tahunpenambah berat badan dan kombinasikan agar si kecil tidak bosan. Terimakasih