×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

0

Ekonomi

Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

Foto: Photo Mix dari Pixabay

Manfaatkan aplikasi smartphone untuk membantu mengatur keuangan pribadimu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bestlook21

03 / 12 / 2019 12:35

Generasi milenial atau biasa dikenal dengan generasi Y merupakan orang-orang yang lahir di tahun 1981-1997-an. Generasi ini diidentikkan dengan kemajuan teknologi dan segala kemudahan yang ada. Nggak heran karena milenial adalah generasi pertama yang tumbuh dengan komputer, gadget, dan internet.

Sayangnya, meskipun generasi ini dikenal kreatif dan open minded, ternyata para milenial memiliki masalah yang serius dalam bidang keuangan. Generasi milenial terkenal memiliki sifat yang boros dan kurang bisa mengatur keuangan pribadi.

Berdasarkan survei dari GoBankingRates, milenial memiliki gaya hidup yang jauh lebih boros bila dibandingkan dengan generasi lainnya. GoBankingRates dilansir dari CNBC mengatakan, “Para milenial banyak menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak diperlukan seperti kopi, makan di luar, hiburan, pakaian, dan alkohol. Ketika dikelompokkan berdasarkan kelompok usia, generasi milenial menghabiskan lebih dari setiap generasi lainnya secara keseluruhan, terutama untuk pakaian dan makan di luar.”

Cukup mengkhawatirkan, bukan? Oleh karena itu kita sebagai para milenial harus pintar dan bijaksana dalam mengatur keuangan pribadi. Kamu bisa loh memanfaatkan aplikasi smartphone untuk membantu mengatur keuangan pribadimu. Catat semua pendapatan dan pengeluaran, serta membuat perencanaan keuangan pribadi agar keuanganmu dapat terjaga. Tentunya kamu dapat menghindar dari pengeluaran yang nggak penting dan otomatis terhindar dari gaya hidup boros.

Apa saja aplikasi pengatur keuangan itu? Ini dia 5 pilihan aplikasi pengatur keuangan pribadi yang dapat membantumu untuk mengontrol keuangan demi masa depan yang lebih baik. So, lets scroll down and happy reading, guys!

Loading...

1. Money Lover.

Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

Sumber: Google Play/Money lover

Buat kamu money lover, yuk input keuangan kamu di Money Lover. Aplikasi ini cukup terkenal dan sering mendapatkan penghargaan lho! Mulai dari Best of 2016 and 2017 Money Manager Budget App on Android, Best of 2017 App, Google Top Developer, dan Editors' Choice App. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis maupun premium yang bisa kamu download melalui Playstore, iTunes, bahkan Windows Store.

Aplikasi Money Lover menawarkan berbagai fitur menarik seperti kamu dapat mengelola keuanganmu sesuai dengan kategori (misalnya: kategori makanan, transportasi, dll), akses mudah di mana pun dan kapa pun. Tidak hanya itu, kamu dapat menentukan goal keuanganmu dengan cara menyimpan goal wallet kamu. Secara otomatis aplikasi ini akan meng-update progress saldo yang kamu miliki berdasarkan tujuanmu.

Kamu tentunya dapat melihat laporan keuanganmu, baik pendapatan maupun pengeluaran berdasarkan waktu harian/bulanan/tahunan atau berdasarkan kategori. Selain itu, aplikasi ini akan mengingatkanmu akan tagihan yang harus kamu bayarkan, baik itu tagihan telepon, internet, listrik, dll.

Fitur di atas bisa kamu dapatkan secara gratis. Tapi jika berminat untuk membeli dalam versi premium, kamu akan mendapatkan fitur menarik lainnya seperti pengelolaan anggaran, tabungan, dompet tanpa batas, akses aplikasi ini dalam versi berbasis web, tanpa iklan, mengelola kartu kredit atau kartu debit kamu, dan ekspor transaksi ke e-invoice yang dapat dicetak.

2. Money Manager Expense & Budget.

Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

Sumber: Google Play/Money Manager

Berbeda dengan Money Lover, aplikasi Money Manager cuma bisa diakses untuk pengguna android saja. Sesuai dengan tagline-nya “Money Manager makes managing personal finances as easy as pie!”, aplikasi ini menawarkan banyak kemudahan untuk penggunanya.

Kamu dapat dengan mudah mencatat transaksi pribadi maupun bisnismu, membuat laporan keuangan, meninjau data keuangan harian, mingguan, dan bulanan. Money Manager dapat kamu gunakan dalam versi gratis maupun premium. Versi premium bisa kamu dapatkan dengan membayar Rp44.000/bulan. Dengan menggunakan versi ini kamu akan mendapatkan akses tanpa batas dan tanpa iklan.

3. AndroMoney (Expense Track).

Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

Sumber: Google Play/AndroMoney

AndroMoney merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan yang terbilang lengkap. Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pesaing dapat kamu gunakan di sini. Namun bila dilihat dari segi tampilan, aplikasi ini cenderung biasa-biasa saja karena lebih fokus pada fungsi daripada tampilan.

Fitur yang ditawarkan meliputi manajemen keuangan dalam beberapa account, dukungan penyimpanan melalui Dropbox dan Google Documents, SYNC dengan perangkat lain, memiliki berbagai pilihan mata uang, dapat menampilkan laporan keuangan dalam bentuk pie dan grafik, proteksi kata sandi, dan back up data ke Excel atau Mac number.

4. Spendee.

Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

Sumber: Google Play/Spendee

Spendee merupakan aplikasi keuangan yang membantu penggunanya untuk mencatat aktivitas keungan secara detail. Aplikasi ini dapat kamu download melalui Google Playstore maupun iOS Appstore. Beragam fitur yang ditawarkan seperti melacak pengeluaran atau terhubung ke akun bank dengan aman, membuat goal keuangan dengan cepat dan mudah, tampilan yang menarik, budget planner secara menyeluruh, dompet bersama teman dan keluarga, beragam mata uang, dan sinkronasi bank dengan aman.

5. UangKU.

Rekomendasi 5 aplikasi pengatur keuangan pribadi, cocok untuk milenial

Sumber: Google Play/UangKu

Seperti dengan aplikasi pengatur keuangan lainnya, aplikasi ini dapat membantumu dalam mengatur setiap pengeluaran dan pendapatan keuangan serta menyajikan laporan yang sangat mendetail yang akan membuatmu mengetahui secara jelas data keuangan yang kamu miliki.

Aplikasi yang merupakan karya anak bangsa PT Karya Diaspora Indonesia ini ternyata sering kali memenangkan banyak penghargaan loh, mulai dari 2nd Winner, Indosat Ooredoo IWIC 10 - Category Developer Apps,Top 3 Liga Digital Indonesia 2015 dan Top 40 Tech Projects, Google Hackfair Indonesia 2015. Nggak perlu lagi ragu untuk menggunakannya, kan? Apalagi aplikasi ini bisa kamu download dan gunakan secara gratis.

Selain gratis, aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang bisa kamu nikmati seperti mengatur keuangan pada pendapatan dan pengeluaran pengguna, menampilkan report seluruh keuangan anda per-bulan dengan detail beserta persentase antar pengeluaran dan pendapatan dalam bentuk diagram lingkaran, pin bisa dalam fitur fingerprint, proteksi UangKu membuat data tidak dapat dimodifikasi oleh orang lain selain kamu sendiri, Widget dan Notification untuk mempermudah penggunaan, ukuran aplikasi yang ringan, tampilan user interface yang mudah digunakan dan menarik, serta tentunya bisa digunakan dalam versi bahasa Indonesia dan Inggris.

Itu dia 5 rekomendasi aplikasi keuangan terbaik yang bisa membantumu dalam mengatur keuangan. Ingat, pendapatan sebesar apa pun kalau tidak diatur bisa jadi habis secara percuma. Yuk, mulai sekarang atur keuanganmu. Gunakan pilihan aplikasi di atas untuk memudahkanmu dalam pengaturan keuangan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red