Apa kamu pernah menonton film horor yang berjudul Jeepers Creeper? Film yang bercerita tentang makhluk misterius yang memangsa manusia. Di mana makhluk yang hampir sama dalam film Jeepers Creeper tersebut pernah meneror masyarakat Tanzania yang dikenal dengan nama Popobawa.

Popobawa adalah nama suatu roh jahat yang diyakini oleh warga Tanzania. Popobawa sendiri adalah nama Swahili yang diterjemahkan secara harfiah sebagai Sayap Kelelawar. Pertama kali muncul dan memangsa manusia pada tahun 1972 berlanjut hingga 2001 di Kepulauan Zanzibar kemudian menyeberang ke Dar es Saalam dan pusat-pusat perkotaan di pantai Afrika Timur.

Kisah makhluk ngeri bak di film Jeepers Creeper ini bikin merinding

Popobawa dapat digambarkan setengah manusia dan setengah kelelawar dengan memiliki mata satu yang besar dan tinggi tubuhnya setinggi anak-anak. Makhluk ini bisa bermetamorfosis dari bentuk satu ke bentuk lainnya dari berubah bentuk ke manusia atau hewan. Popobawa disebut-sebut suka memangsa anak-anak dan versi lainnya Popobawa juga sering sodomi manusia.

Kisah makhluk ngeri bak di film Jeepers Creeper ini bikin merinding

Popobawa dapat dilihat pada malam hari atau siang hari berbentuk nampak seperti manusia dengan jari-jari yang tajam. Kehadiran makhluk ini biasanya ditandai dengan bau khas yang tajam. Asal-usul Popobawa merupakan makhluk peliharaan dari penyihir yang mengabdi pada setan.