×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Perlunya kesadaran orang tua mengenai dampak TV pada anak-anak

0

Orangtua

Perlunya kesadaran orang tua mengenai dampak TV pada anak-anak

Gimana sih dampak TV bagi anak dan cara mengontrolnya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Khansa Theola

26 / 01 / 2019 11:57

Sebelum membahas lebih dalam dan spesifik tentang topik kita ini, apa sih pengertian sebenernya tentang televisi? Demi mendapatkan lebih banyak khalayak atau penonton, berbagai stasiun televisi seakan berlomba menghadirkan program-program 'menarik', mulai dari reality show, ajang pencarian bakat, sampai sinetron. Masalahnya, dengan mengatasnamakan rating berbagai program yang dibuat oleh stasiun televisi atau rumah produksi seakan tidak memikirkan atau peduli siapa yang akan menonton program dan dampak apa yang bisa terjadi di kalangan penonton, khususnya tayangan sinetron yang hampir dimiliki oleh semua stasiun televisi saat ini.

Banyak sinetron televisi yang buruk untuk perkembangan anak.

Anak yang sedang asyik menonton tanpa pengawasan

Anak menonton televisi tanpa kontrol orang tua (foto: indianexpress.com)

Seperti yang kita tahu sekarang, media televisi di satu sisi banyak memberikan informasi yang menarik dan cukup menghibur, tetapi di sisi lain entah sadar atau tidak sebenarnya bahaya yang begitu besar telah mengancam anak-anak atau adik-adik kita. Meskipun di beberapa televisi telah ada beberapa peringatan seperti bimbingan orang tua, semua umur, dan sebagainya, tetapi seberapa perhatian orang tua serta anak-anak memperhatikan hal tersebut?

Loading...

Menurut psikolog Adhyanti Dwi Kartianis, cara yang paling tepat untuk bisa mencegah anak-anak di bawah umur tidak menonton sinetron adalah dengan mengalihkan perhatian anak ke aktivitas lain. "Dengan mengalihkan ke aktivitas lain, misalnya membaca, menggambar, mewarnai. Supaya perkembangan imajinasinya berkembang", katanya.

Selain itu, Yanti, sapaan akrabnya, mengimbau orang tua agar membebaskan sang anak bermain ke luar rumah agar mendapatkan kemampuan sosialisasi dengan teman-teman sebayanya.
"Juga perlu adanya sosialisasi kepada orang tua tentang bahaya program yang ada di televisi, juga diperlukan kewaspadaan yang penuh dan tidak membiarkan anak-anak menonton televisi dengan bebas" katanya.

 

Hal yang bisa dilakukan orang tua untuk lakukan kontrol.

Dampingi selalu anak dalam menonton televisi

Dampingi selalu anak dalam menonton televisi (foto: depositphotos.com)

Pilih acara yang sesuai dengan usia anak dan jangan biarkan anak-anak menonton acara yang tidak sesuai dengan usianya. Perhatikan dan analisis, apakah sesuai dengan anak-anak, seperti tidak ada unsur kekerasan atau hal lainnya.

Dampingi anak menonton televisi. Tujuannya adalah agar acara televisi yang mereka tonton selalu dikontrol. Kemudian letakkan televisi di ruang tengah dan hindari menyediakan televisi di kamar anak. Dengan menempatkan televisi di ruang tengah, akan mempermudah orang tua dalam mengontrol tontonan anak-anaknya. 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red