×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Perhatikan 7 hal ini agar kuliah online kamu berjalan lancar

0

Serius

Perhatikan 7 hal ini agar kuliah online kamu berjalan lancar

Kamu pun akan bisa memahami materi yang disampaikan dosenmu dengan baik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

06 / 05 / 2020 13:20

Virus Corona yang masih merebak di seluruh dunia mengharuskan setiap kampus meliburkan para mahasiswanya. Sistem pembelajaran di kelas pun diganti dengan sistem pembelajaran daring (online). Tentu saja ada perubahan drastis dalam sistem pembelajaran ini.

Jika di ruang kelas kamu bertemu langsung dengan teman-teman dan dosenmu, maka berbanding terbalik pada kuliah online ini karena kamu menemui mereka pada aplikasi video conference. Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan supaya kuliah online-mu pada aplikasi tersebut lancar. Yuk, simak list berikut ini!

1. Gunakan aplikasi pertemuan online yang hemat kuota internet.

Zoom classroom

Foto: insidehighered.com

Loading...

Saat ini tersedia beragam aplikasi video conference untuk mempertemukan mahasiswa dan dosen secara online. Salah satunya adalah Zoom Meetings yang merupakan aplikasi video conference terbaik dan menghemat kuota internet. Kamu pun bisa mengusulkan pemakaian aplikasi ini kepada dosen dan teman-teman sekelasmu.

2. Gunakan provider berharga murah dan jaringannya stabil.

SIM Card Provider

Foto: creditreview.sg

Jika tidak memiliki jaringan WiFi di rumah, kamu harus memilih provider yang terjangkau untuk menggunakan aplikasi video conference. Sejak peraturan stay-at-home dimulai, banyak provider telekomunikasi menawarkan kuota berlimpah yang murah bahkan gratis supaya kamu bisa mengikuti kuliah online. Nah, kamu pun tinggal memilih provider mana yang memiliki jaringan yang kuat dan stabil di sekitar tempat tinggalmu.

3. Carilah sudut rumah yang kondusif.

Ruang belajar

Foto: hourrooms.co.uk

Pilihlah sudut rumah yang kondusif untuk mengikuti perkuliahan online, seperti ruang belajar. Sudut rumah yang kondusif akan membuatmu nyaman mengikuti perkuliahan online. Kamu pun tidak akan terganggu oleh anggota keluargamu dan gangguan yang berasal dari dalam dan luar rumah.

4. Gunakan pakaian yang sopan.

Pakaian sopan

Foto: countdowntofridayblog.com

Perlakukan kuliah online-mu seperti kamu kuliah di ruang kelas, termasuk pakaian yang kamu kenakan. Tidak perlu menggunakan pakaian yang baru dan bagus, cukup kenakan pakaian yang sopan. Jika kamu berhijab, kamu cukup pakai jilbab instan saja jika tidak mau repot.

5. Pastikan tidak ada pemandangan mencolok di belakangmu saat terekam kamera.

Video Conference

Foto: forbes.com

Saat kuliah online, wajah dan keadaan di belakangmu akan terekam oleh kamera depan atau webcam laptopmu. Sebisa mungkin, carilah latar belakang yang tidak mencolok seperti dinding atau rak buku. Jangan memperlihatkan bagian yang tidak seharusnya dilihat orang lain, seperti jemuran baju.

6. Gunakan headset saat pertemuan kuliah online.

Memakai headset saat belajar

Foto: wallstreetenglish.edu.vn

Headset berguna untuk membuatmu fokus mendengarkan penjelasan dari dosenmu. Kamu pun tidak akan terganggu oleh suara-suara di sekitarmu, seperti suara anggota keluargamu atau sekitar rumahmu. Efeknya, kamu akan mengerti dan paham apa yang dosenmu katakan.

7. Ikuti kuliah online sampai selesai.

Kuliah online

Foto: somalibreakingnews.com

Saat mengikuti perkuliahan online, pandanganmu harus terus berada di layar komputer untuk mendengarkan penjelasan dosen. Jangan berpaling dari layar komputer sampai perkuliahan selesai. Sikap ini menunjukkan kamu menghargai dosenmu yang telah bersusah payah untuk mengadakan kuliah online ini.

Nah, mudah sekali kan untuk menerapkan list di atas? Semoga kamu bisa mengikuti kuliah online-mu dengan lancar ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red