×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pengertian introvert dan ekstrovert, beserta ciri serta kelebihannya

0

Kepribadian

Pengertian introvert dan ekstrovert, beserta ciri serta kelebihannya

Apa perbedaan introvert dan ekstrovert? Kamu termasuk yang mana? Yuk, simak pembahasannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Seftina Aswinda N.W

04 / 08 / 2021 10:11

Introvert adalah seseorang yang senang menjelajah diri sendiri (Bicksoe, 2018). Sedangkan ekstrovert adalah mereka yang selalu tertuju pada lingkungan yang ada di sekitar (Kartawijaya, 2015). Kebanyakan orang bingung mereka termasuk kedalam tipe yang mana. Untuk itu, ada beberapa ciri-ciri orang yang termasuk introvert maupun ektrovert. Yuk, baca!

Orang yang memiliki tipe introvert adalah mereka yang lebih suka untuk menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri atau sering kita sebut sebagai "me time". Ketika ada waktu luang, mereka memilih untuk memanjakan dirinya dengan hal-hal yang disukai. Seperti menonton film di rumah, membaca buku, dan kegiatan lainnya yang tidak ada interaksi dengan orang lain.

Tetapi, bukan berarti seseorang yang bertipe introvert tidak suka bergaul dengan orang lain. Kalau kamu sering memikirkan tentang hal-hal yang hanya ada di dalam benakmu sendiri, kamu termasuk orang yang introvert.

Sedangkan orang yang bersifat ekstrovert cenderung menghabiskan waktu dengan orang lain. Memanfaatkan waktu yang ada untuk terus berinterkasi dengan banyak orang seperti hang out dengan teman dan melakukan aktivitas di luar rumah. Menurutnya, kegiatan sosial, mengobrol, dan interaksi dengan teman adalah sesuatu yang menyenangkan (Alekhine, 2017).

Kalau kamu termasuk orang yang periang dan sering menjadi pemecah suasana, kamu termasuk tipe yang ekstrovert. Orang dengan tipe ini menyukai tantangan dan hal baru untuk dicoba.

Loading...

Mana yang lebih baik?

Tidak ada yang lebih baik antara tipe kepribadian satu dengan yang lain. Masing-masing orang memiliki sisi introvert juga ekstrovertnya masing-masing. Pembedanya adalah persentase dari tipe kepribadian tersebut.

Apa kelebihan dari masing-masing tipe kepribadian?

Menurut (Annisa, 2021) ada beberapa kelebihan dari introvert dan ekstrovert, yaitu sebagai berikut.

Kelebihan ekstrovert.

1. Mudah berteman.

Mereka lebih suka untuk membangun relasi dengan orang lain, bersosialisasi dengan banyak orang, dan pandai dalam membuka percakapan baru.

2. Komunikasi yang baik.

Ekstrovert mampu mengutarakan perasaan dan juga pemikirannya dengan baik, sehingga komunikasi dengan lawan bicara tercipta dengan sangat baik.

3. Antusiasme yang tinggi.

Jika kamu merasa bersemangat tiap melakukan hal yang baru, maka kamu termasuk orang yang ekstrovert. Mereka sering kali memiliki antusiasme yang tinggi dan berani untuk mengambil risiko.

Pengertian introvert dan ekstrovert, beserta ciri serta kelebihannya

Lalu, apa kelebihan introvert?

1. Pengamat yang baik.

Introvert memperhatikan hal yang kecil, mereka sangat detail dan teliti akan suatu hal. Bahkan hal yang jarang diperhatikan oleh orang lain.

2. Berpikir sebelum berbicara.

Mereka sangat berhati-hati dalam mengungkapkan sesuatu. Setiap kata yang keluar telah dipikirkan matang-matang. Mereka khawatir bahwa perkataan tersebut akan melukai lawan bicaranya.

3. Pendengar yang baik.

Mereka mendengarkan dan memiliki empati yang besar dengan lawan bicara. Suasana yang yang diciptakan nyaman sehingga orang lain bisa bercerita dengan leluasa tanpa takut merasa dinilai negatif.

Tidak ada baik atau buruk antara tipe kepribadian satu dengan yang lain. Itu semua tergantung individu dalam mengeksplorasi serta mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Jadi, yuk gali terus potensi dirimu!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red