Pada tahun 2016 saja, penetrasi internet di Indonesia sudah sangat besar. Setidaknya 132 juta orang sudah menggunakan internet untuk bermedia sosial hingga bisnis. Tingginya angka pengguna internet di Indonesia membuka peluang masuknya ekonomi digital untuk berkembang dan dimanfaatkan banyak pengguna.

Salah satu tanda masuknya ekonomi digital di Indonesia adalah pesatnya jual bel secara online yang sudah menjadi gaya hidup. Dewasa ini, masyarakat di Indonesia lebih suka membeli aneka barang secara online. Cukup dalam genggaman saja, mereka bisa membeli baju, celana, hingga aneka produk elektronik.

Ekonomi digital juga merambah sektor transportasi. Saat ini, tren transportasi online mulai berkembang di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, hingga Malang. Semua orang bisa menggunakan jasa transportasi ini langsung dari ponsel dan driver akan datang menjemput untuk mengantarkan pengguna ke tujuan yang diinginkan.

Selain transportasi online, tren ekonomi digital juga merambah ke dunia kuliner. Saat ini sudah banyak kedai atau restoran membuka pesanan secara online. Mereka melakukan pengiriman melalui kurir yang dimiliki atau bekerja sama dengan perusahaan transportasi online untuk memenuhi semua pesanan dengan cepat dan mudah.

Ekonomi digital juga menerjang dunia kreatif di Indonesia. Saat ini, semua orang bisa mendapatkan pekerjaan dan berkomunikasi dengan klien melalui internet. Klien akan memberikan tawaran pekerjaan dengan upah tertentu. Sementara itu, para pekerja akan melakukan penawaran. Kalau terjadi kesepakatan, pekerjaan bisa segera dikerjakan dengan jangka waktu tertentu.

Terakhir, ekonomi digital juga menghubungkan semua orang yang ada di Indonesia dengan mereka yang ada di luar negeri. Segala jenis produk dan jasa yang dimiliki bisa ditawarkan dengan lebih mudah dan cepat. Asal memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, berbagai pekerjaan dan siklus uang bisa berjalan dengan cepat dan mudah.

Ekonomi digital memberikan kemudahaan dan keleluasaan kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja dan berkarya. Selain itu, tidak adanya batasan dalam sistem ini membuat peluang mendulang untung lebih besar terbuka lebar.