×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pasar mama-mama resmi dibuka, pedagang asli Papua tak perlu sewa lapak

0

Serius

Pasar mama-mama resmi dibuka, pedagang asli Papua tak perlu sewa lapak

Desain arsitekturnya sempat menjadi Finalis di ajang Festival Arsitektur Dunia di Singapura pada 2015.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erri Subakti

16 / 03 / 2018 18:01

Kesepakatan antara Perum Damri diwakili Direktur SDM Sadiyo Sardi dan Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano, disaksikan Tenaga Ahli Madya Kedeputian V KSP Nanda Hasibuan dan Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Dipodiputro

Setelah 16 tahun menanti, mama-mama asli Papua yang selama ini tidak memiliki lahan atau tempat untuk berdagang, akhirnya bisa menempati sebuah bangunan pasar modern yang diperuntukan bagi mereka. Pembangunan Pasar Mama-mama ini merupakan janji Presiden RI Joko Widodo saat pada pilpres 2014 pernah mengungkapkan akan membangun pasar gratis untuk mama-mama Papua.

Kemarin, 7 Maret 2018 akhirnya Pasar Mama-mama yang telah rampung para tahun lalu, secara resmi bisa digunakan untuk warga Papua, khususnya mama-mama asli Papua yang ingin berjualan.

Pembangunan pasar yang desain arsitekturnya sempat menjadi Finalis di ajang Festival Arsitektur Dunia di Singapura pada 2015 lalu, tak lepas dari peran Pokja Papua yang sejak awal Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-JK terbentuk, selalu mengkawal janji Jokowi di Papua agar bisa terealisasikan.

Hasilnya adalah terbangunnya bangunan pasar modern terintegrasi yang berciri khas Papua, dengan tanpa membebani APBN. Karena bangunan pasar ini merupakan hasil sinergi dari BUMN, BUMD, Pemerintah Provinsi, Pemkot, dan elemen masyarakat lainnya.

Peresmian ini diawali dengan penandatanganan MoU Pinjam Pakai Lahan Damri kepada Pemerintah Kota Jayapura, dan MoU Serah Terima Pengelolaan Pasar dari Damri ke Pemkot Jayapura. Penandatanganan ini disaksikan oleh Staf Tenaga Ahli Madya Kedeputian V KSP Nanda Hasibuan, Staf II Menteri BUMN Judith Dipodiputro.

Dalam sambutannya, Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano menegaskan, "Pedagang pasar harus menjaga gedung ini dengan berperilaku bersih, sehat serta tampil profesional dalam pasar ini." Hal ini tentunya akan memberikan kesan baik kepada para pengunjung dan konsumen sehingga nantinya para konsumen semakin banyak yang datang untuk berbelanja di tempat ini.

Sementara itu Judith Dipodiputro yang sejak awal bersama Pokja Papua terus mengkawal janji Jokowi ini mengungkapkan, "Pasar ini dilengkapi fasilitas pembinaan pedagang selain sebagai tempat jual beli. Kami mencatat sudah 270 mama Papua yang kami latih dalam berdagang."







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red