Industri lokal Jawa Tengah semakin menunjukkan taringnya lewat produk-produk baru dengan teknologi maju. Karena itu, mantan sekaligus calon Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, akan menfasilitasi industri lokal untuk mendukung kemajuan sektor lain, seperti pertanian dan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Ganjar ketika berkunjung ke pabrik sepeda motor Viar di Kawasan Industri BSB Semarang,Jumat (02/03/2018). Ganjar menilai, produk industri dalam negeri terutama di Jawa Tengah, tidak kalah dari produk luar negeri.

Mengutip dari akun instagramnya @ganjar_pranowo, mantan Gubernur Jateng itu bangga dengan Viar yang sudah berani ber inovasi membuat sepeda listrik,"motor listrik sudah mantap dengan masa pakai delapan jam.Jadi kalau energi habis, tinggal di-charger,"pungkasnya

Sementara Husni, GM PT Triangle Motorindo selaku produsen Viar mengungkapkan, seluruh kendaraan yang dibuat menggunakan konten lokal antara 20 sampai 40 persen. "Kita terus fokus untuk penggunaan material dalam negeri dalam produksi 16 tipe kendaraan yang ada," terangnya.

Namun karena ada material yang tidak diproduksi di dalam negeri, atau jika pun ada kualitas kurang memadai, maka pabrik menggunakan sparepart buatan luar negeri.

Namun karena ada material yang tidak diproduksi di dalam negeri, atau jika pun ada kualitas kurang memadai, maka pabrik menggunakan sparepart buatan luar negeri.

Husni menyampaikan produk yang paling diminati adalah sepeda motor roda tiga. Dalam sebulan, setidaknya laku hingga 2.000 unit. "Di pangsa pasar sepeda motor roda tiga, pesaing tidak terlalu ramai. Sementara kalau di penjualan trail, kita harus bekerja keras dan terus melakukan inovasi terhadap produk," paparnya.

Dikesempatan itu,beliau juga mencoba motortrail buatan Viar yang menjadi andalanya di segmen motor off road.

Begini aksi Ganjar Pranowo saat coba motor trail 250 cc andalan Viar