Hayoo siapa yang belum mandi pagi? Mandi pagi memang bermanfaat dan berguna bagi kesehatan kita. Selain menambah kesegaran di pagi hari juga bisa membuat kita tidak ngantuk lagi. Dan mandi dengan air hangat akan membuat tubuh kita terasa segar.

Namun, beberapa penelitian di bidang kesehatan mengungkapkan bahwa mandi pagi dengan air dingin jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan kita. Kenapa? dirangkum dari berbagai sumber, ini dia ulasannya.

1. Lebih baik dari kafein.

5 Manfaat yang nggak kamu duga dari mandi pagi pakai air dingin

Mandi pagi dengan air dingin bisa memberikan kesegaran tubuh yang lebih lama sehingga dapat membuat tubuh lebih terjaga.Suhu dingin air akan "mengejutkan" tubuh dan meningkatkan detak jantung sehingga memicu peredaran darah ke seluruh tubuh lebih cepat.

Nah, buat kamu yang masih belum siap untuk mandi pagi dengan air dingin dari awal namun ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, jangan takut. Mandi diawali dengan air panas dan kemudian diakhiri dengan air dingin sudah cukup untuk membuat tubuh kamu terasa segar.

2. Membuat rambut dan kulit lebih indah.

5 Manfaat yang nggak kamu duga dari mandi pagi pakai air dingin Air panas, cenderung membuat kulit dan rambut kita menjadi jauh lebih kering dan menjadi rusak. Kebalikannya, air dingin itu bersifat melembabkan sehinggamampu menyejukkan tubuh, mengurangi sembab, serta mengecilkan pori dan mengunci kelembapan. Karena itu, jika sering mandi pagi dengan air dingin bisa membuat kamu mendapatkan kulit dan rambut yang sehat dan indah berkilau.

3. Bisa menurunkan berat badan.

5 Manfaat yang nggak kamu duga dari mandi pagi pakai air dingin

Di saat kita kedinginan,lemak cokelat menjadi aktif dan membakar kalori untuk membuat tubuh tetap hangat. Sebuah studi yang dilakukan di negara Skandinavia menemukan, paparan suhu dingin pada tubuh meningkatkan kadar metabolisme lemak cokelat hingga 15 kali yang mampu membuat kamu turun berat badan kurang lebih 4kg dalam setahun. Jadi yang mau diet, jangan ogahan mandi pagi pake air dingin ya.

4. Lebih bahagia.

5 Manfaat yang nggak kamu duga dari mandi pagi pakai air dingin

Berdasarkan studi yang dipublikasikan olehMedical Hypotheses menemukan bahwa mandi pagi dengan air dinginselama dua hingga tiga menit selama lebih dari dua minggu bisa membantu meningkatkan mood menjadi lebih baik. Bahkan, peneliti menyarankan mandi pagi dengan air dingin untuk mengurangi depresi.

5. Meningkatkan sistem imunitas.

5 Manfaat yang nggak kamu duga dari mandi pagi pakai air dingin

Studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University menunjukkan, manid dengan air dingin secara teratur bisa meningkatkan kadar sel darah putih.

Studi ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan di Jerman yang menemukan, individu yang mandi air dingin selama dua menit tak mudah terkena flu dibandingkan mereka yangmandidengan air hangat.

Nah, jadi buat kamu yang masih ogahan mandi pagi dengan air dingin, yuk ubah. Ada banyak manfaat yang diberikan dengan mandi air dingin.Ciao.