×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Niat ikut banyak ekskul? Pertimbangkan plus minusnya berikut ini

0

N/A

Niat ikut banyak ekskul? Pertimbangkan plus minusnya berikut ini

Bergabung dengan lebih dari satu ekskul sah-sah saja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Quipper Indonesia

17 / 01 / 2019 17:20

Saat ini, ada banyak sekolah yang cukup dikenal luas karena memiliki sederet kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) keren. Sebut saja pasukan pengibar bendera alias paskibra, marching band, tari-tarian tradisional, olahraga, hingga debat bahasa asing.

 
Bagaimana denganmu? Ekskul apa yang kamu ikuti? Berapa ekskul yang kamu ikuti? Sebenarnya, tidak ada masalah mau ikut satu atau lebih dari satu ekskul selama kamu bisa membagi waktu dan kamu memiliki motivasi atau alasan yang jelas mengapa mengikuti banyak ekskul.

 
Dengan mengikuti banyak ekskul, toh kamu bisa mendapat banyak pengalaman dan skill lebih. Namun, bukan berarti kamu terbebas dari risiko jika mengikuti banyak ekskul. Mengikuti lebih dari satu ekskul juga ada kontranya, lho! Untuk itu, kita simak yuk ulasan mengenai pro dan kontra mengikuti banyak ekskul di bawah ini.

Pro: Melatih Banyak Skill yang Kamu Miliki

Source: Unsplash

Loading...

Kelebihan yang pertama adalah melatih banyak skill yang kamu miliki. Terkadang, pada usia remaja yang masih dalam tahap pencarian jati diri ini, kamu masih belum yakin dengan skill yang dimiliki. Pasalnya, kadang kamu mungkin merasa bahwa kamu memiliki terlalu banyak minat dan kebingungan jika dituntut untuk memilih salah satu saja dari sekian banyak minat tersebut.


Nah, apabila kamu juga mengalami permasalahan yang serupa, maka memilih untuk bergabung di lebih dari satu ekskul mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mengasah seluruh skill yang dirasa telah kamu miliki, dan melihat mana yang paling cocok untukmu, kemudian mengembangkannya.


Pro: Memberikanmu Pengalaman Berorganisasi

Source: Unsplash

Di dunia kerja, hal yang akan kamu rasakan seusai sekolah nanti, kamu dituntut untuk tidak hanya memiliki bekal pengetahuan dari pelajaran-pelajaran di sekolah, melainkan juga pengalaman berorganisasi. Percaya deh, dengan pengalaman berorganisasi yang baik di berbagai ekskul, kamu akan lebih mudah menghadapinya.

 
Dengan bergabung di lebih dari satu jenis ekskul, bukan hanya pengalaman berorganisasi yang akan kamu dapatkan. Kamu juga akan dapat berkenalan dengan lebih banyak teman baru, lho, termasuk kakak kelas, adik kelas, hingga pelatih ekskul!

 
Jika pergaulanmu lebih luas, masa sekolahmu pastinya akan jauh lebih seru, kan? Selain itu, pergaulan yang luas kelak akan mempermudahmu saat kamu mulai memasuki dunia kerja.

 
Kontra: Mengonsumsi Banyak Waktu

Source: Unsplash

Hal yang satu ini adalah salah satu kekurangan yang paling dirasakan jika kamu mengikuti banyak ekskul. Kamu pasti tahu bahwa kegiatan ekskul dilakukan di luar jam belajar-mengajar, yang menjadikanmu harus pulang sekolah lebih lama dari biasanya.

Biasanya, kegiatan ekskul hanya punya jatah satu hari di dalam satu minggu. Kalau kamu berpikiran untuk mengikuti dua ekskul sekaligus, misalnya, maka kamu harus siap pulang lebih sore, paling tidak dua kali seminggu.

Belum lagi jika ada kompetisi yang akan diikuti oleh ekskul pilihanmu, maka siap-siap saja dengan adanya latihan tambahan. Kebayang enggak capeknya? Kalau kamu tetap mantap dengan pilihanmu dan merasa siap dengan risiko tersebut, kamu sebelumnya juga harus memastikan bahwa kedua ekskul yang kamu miliki punya jadwal latihan yang berbeda, supaya tidak saling bertabrakan.

 
Kontra: Kehilangan Fokus

Source: Pexels

mSelayaknya dua sisi mata uang, selain bisa melatih segudang skill-mu, mengikuti banyak ekskul bisa juga membuatmu kehilangan fokus. Artinya, karena terlalu banyak skill yang kamu pelajari, kamu jadi kerepotan sendiri dan kehilangan kesempatanmu untuk meng-explore salah satunya lebih dalam.

 
Ibaratnya, lebih baik mana: satu, jago banget dalam satu bidang olahraga, misalnya bulutangkis, atau, dua, biasa-biasa saja tapi bisa main beberapa bidang olahraga, yaitu bulutangkis, basket, dan sepak bola? Pilihan pertama bisa menjadikanmu atlet berprestasi, lho! Sementara, pilihan kedua hanya cukup menambah pengalamanmu saja.

 
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jika kamu mengikuti banyak ekskul di sekolah. Pilihannya tetap ada di tanganmu. Kalau kamu betul-betul ingin bergabung di banyak ekskul, yang perlu kamu lakukan adalah: memastikan jadwal latihannya tidak bertabrakan, menyiapkan stamina lebih untuk latihan, dan menjalaninya dengan rasa senang. 
Jangan lupa, kalau kamu mulai kecapekan atau pelajaranmu jadi keteteran, mengeliminasi salah satu ekskul yang kamu ikuti selalu menjadi hakmu, ya!

 
Sumber:https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/plus-minus-ikutan-banyak-ekskul/ 

Penulis: Evita

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red