Jika kamu sudah bingung untuk memilih destinasi wisata untuk kamu kunjungi, Solo bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Kota yang mempunyai nama lain yaitu Surakarta ini mempunyai segudang kuliner legendaris yang sangat khas dan rasanya lezat, mungkin jika kamu tahu kuliner khas Solo hanya bakso Solo, serabi Solo. Ternyata siapa sangka Solo memiliki kuliner-kuliner lain yang tak kalah lezatnya dari makanan tadi. Berikut 7 kuliner legendaris khas Solo yang wajib kamu coba.

1. Warung Selat Mbak Lies Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Belum ke Solo namanya kalau kamu belum cicip selat Solo mbak lies, kata selat sebenarnya diplesetkan dari kata salad oleh orang Solo saat zaman belanda, akan tetapi hidangan ini bukan sebenarnya salad.

Selat Solo merupakan daging sapi has luar atau lidah sapi yang dipotong menyerupai bistik dan disajikan dengan kuah encer khas jawa yang mirip seperti semur ditambahkan juga dengan telur rebus, wortel rebus, kentang rebus, buncis rebus dan acar mentimun.

Warung selat Solo Mbak Lies terletak di Jl. Veteran Gang II no. 42 Solo, dan buka mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.

2. Mie Thoprak Dawet Gempol Mangkuyudan

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Makanan yang kedua adalah Mie Toprak Dawet Gempol, mie toprak ini hanya kalian temukan di Solo jadi jika kalian mampir ke Solo kalian wajib mencicipi makanan ini.

Mie toprak adalah sajian dari 2 jenis mie yaitu mie kuning dan bihun yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang khas ditambah topping nya yaitu cakue, daging sapi iris, tauge, tahu, dan tempe. Rasa kuahnya yang gurih pasti bikin kalian ketagihan!.

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Di tempat ini juga menyediakan dawet gempol yang terbuat dari tepung beras dan beras ketan yang disiram dengan santan cair dan gula merah cair, seger banget kan?

Mie Toprak Dawet Gempol Mangkuyudan terletak di Jl.Wahid Hasyim, Solo (sebelah masjid tegalsari) dan buka pukul 10.30 sampai pukul 16.00.

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Kalau kamu sedang jalan-jalan ke pasar klewer, jangan lupa mampir untuk mencicipi tengkeng nya bu Edi!Tengkleng bu Edi telah berdiri sejak 1971.

Tengkleng Bu Edi terdiri dari berbagai macam bagian dari kambing mulai dari daging kepala, iga, kaki, dan lidah disajikan dengan kuah encer yang mirip seperti gulai dengan cabai rawit utuh. Kalian juga bias menambahkan toppingnya yaitu sate usus ayam atau sate ati ampela.

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Berlokasi di kawasan pasar klewer Solo, dan buka mulai pukul 12 siang hingga habis. Tengkleng ini bias habis dalam waktu 2 jam aja lho! Jadi jangan sampai telat ya.

4. Nasi Liwet Yu Sani

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Nasi liwet Solo beda dengan nasi liwet sunda,nasi liwet Solo adalah nasi yang dimasak dengan santan (mirip nasi uduk) yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan areh (bubur gurih dari santan kelapa).

Di Nasi liwet Yu Sani kalian juga bias menambahkan dengan usus ayam, ati ampela, telur rebus, kepala ayamdan lain-lain.

Nasi liwet Yu Sani mempunyai 2 cabang yaitu di daerah Solo baru dan jl. Veteran NO.90-191 Solo dan buka mulai pukul 6 sore hingga habis.

5. Warung Kikil Bu Cilik

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Warung Kikil Bu Cilik menyediakan kikil yang di masak dengan berbagai macam rempah dan cabai rawit yang rasanya pedas dan gurih kenyal. Di warung ini tidak hanya menyediakan kikil yang menjadi andalannya,tersedia juga perkedel kentang, tahu, tempe,dan lain-lain.

Warung Kikil Bu Cilik terletak di Jl. Setiabudi no.57 (dekat pasar burung) dan buka pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore.

6. Soto Seger Mbak Ronggeng

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Kuliner malam yang satu ini berasal dari kabupaten Boyolali. Mempunyai rasa yang gurih dan menyegarkan sesuai dengan namanya, soto seger ini berisi potongan daging sapi yang diiris tipis atau suwiran ayam, tauge dan soun. Disajikan dengan kuah kaldu soto yang gurih dan segar, tertarik mencoba?.

Soto seger Mbak Ronggeng berlokasi di Jl.S Parman Kota Solo dan buka mulai pukul jam 11 malam hingga pukul 4 pagi.

7. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Ngiler banget, 7 kuliner legendaris khas Solo bikin perut keroncongan

Siapa yang nggak kenal gudeg?,kuliner khasJogja ini ternyata ada juga versi khas Solo nya, yaitu gudeg ceker.

Gudeg ceker Solo mempunyai rasa sedikit berbeda dengan gudeg yang di Jogja punya, gudeg di Solo memiliki rasa sedikit lebih gurih dan tidak terlalu manis.

Satu porsi gudeg ceker berisikan nasi atau bubur lengkap dengan gudeg nangkanya,sambal goreng krecek, dan gaboleh ketinggalan ceker nya yang bertekstur empuk banget! Kalian juga boleh lua untuk menambahkan aneka pelengkapnya seperti uritan, telur muda, kulit ayamdan masih banyak lagi.

Jika kalian ke Solo kalian wajib banget cobain gudeg ceker nya Bu Kasno! berlokasi di Jl.Wolter Monginsidi No.41-43 (depan GKJ Margoyudan) Solo, buka mulai pukul 12 malam hingga jam 7 pagi, yang mampir kesini siap-siap ngantri ya.

Itulah 7 kuliner legendaris khas Solo yang pasti udah gausah diragukan lagi soal rasanya.

Solo memang nggak ada habisnya jika ditanya soal kuliner,makanan nya udah pasti enak,terjangkau,dan pasti ngangenin banget.

Bagaimana tertarik untuk mencoba 7 kuliner legendaris khas Solo tadi?.