Sebagai manusia yang memiliki perasaan, pasti kita pernah mengalami kondisi ketika kita merasakan sesuatu tapi tidak bisa menjelaskan apa yang kita rasakan. Seperti merasakan ketika kita baru berhasil meraih impian yang sangat kamu dambakan, tetapi kamu tidak bisa menjelaskan bagaimana proses menggapainya. Tapi tahukah bahwa dalam kondisi itu diri kita sedang berada pada kondisi bernama, Enoument. Masih asing? Coba simak dan hapalkan 15 jenis lainnya di bawah ini supaya tidak kebingungan lagi.

1. Mangata

Mangata adalah kondisi ketika seseorang melihat bayangan bulan di permukaan air yang berbentuk seperti jalan.

2. Petrikor

Petrikor adalah nama dari bau yang dihasilkan hujan. Jadi saat hujan dan kamu mencium aroma-aroma yang kamu hirup hanya ketika hujan, itu adalah Petrikor.

3. Kulacino

Kulacino adalah nama ketika seseorang melihat di atas meja terdapat bekas air dari gelas yang dingin atau basah.

4. Mudita

Mudita adalah suatu kondisi saat seseorang merasakan kebahagiaan karena melihat kebahagiaan atau kesuksesan orang lain.

5. Serendipiti

Serendipiti adalah kondisi ketika seseorang menemukan sesuatu yang membuatnya senang padahal dia sedang tidak bermaksud mencarinya. Seperti menemukan uang di jalan, contohnya.

6. Candala

Candala adalah ketika seseorang merasa dirinya sangat rendah.

7. Takaluf

Takaluf adalah gambaran ketika seseorang mengutamakan formalitas sampai kerap menyusahkan dirinya sendiri.

8. Monachopsis

Monachopsis adalah istilah ketika muncul perasaan yang memberi tanda bahwa kamu tidak berada di tempat yang tepat.

9. Opia

Opia adalah kondisi ketika kamu menatap mata seseorang dan kamu mengetahui apa yang ia rasakan, apakah itu kegetiran, sedih, takut ataupun marah.

10. Vellichor

Vellichor merupakan sebuah kondisi ketika kamu hanyut pada emosi yang tertulis di sebuah novel atau buku. Baik itu bahagia, takut, sedih maupun panik.

11. Mauerbauertrayrigkeit

Mauerbauertraurigkeit adalah perasaan ingin membuang teman, pacar atau sahabat dekat karena kita merasa dia telah mengkhianati kita. Inilah yang dirasakan seseorang ketika mau putus dengan pacarnya.

12. Kenopsia

Kenopsia adalah rasa kesepian yang datang tiba-tiba padahal kamu berada di suatu tempat yang ramai atau berisik.

13. Chrysalism

Chrysalism merupakan rasa takut dan khawatir ketika ada petir sekalipun kamu sudah dalam kondisi aman.

14. Anecdoche

Anecdoche adalah kondisi ketika masing-masing orang saling berbicara satu sama lain dan tidak ada yang mau mendengarkan.

15. Ellipsism

Ellipsism adalah suatu perasaan sedih yang datang secara tiba-tiba, kamu tidak tahu apa penyebabnya maupun bersumber dari mana.

Itulah nama-nama untuk menggambarkan perasaan yang sulit dijelaskan, Beberapa merupakan serapan dari bahasa Inggris, Yunani, dan istilah psikologi, sementara beberapa lainnya sudah tercatat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jadi sekarang gak perlu bingung lagi kalau ditanya, "Lagi kenapa/merasakan apa/melihat apa?" sama teman. Semoga membantu, guys.