×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
MyKlass UMY, platform pembelajaran untuk mudahkan mahasiswa UMY

0

Komunitas

MyKlass UMY, platform pembelajaran untuk mudahkan mahasiswa UMY

Pandemi virus Corona membuat manusia menjalani kehidupan kenormalan yang baru.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Jafar Muhammad

18 / 03 / 2021 11:47

Sudah satu tahun berlalu semenjak virus Corona masuk ke Indonesia. Virus Corona dilaporkan terjadi di Indonesia pada 2 Maret 2020. Pada tanggal tersebut Presiden Joko Widodo mengumumkan terdapat dua orang Indonesia yang terjangkit virus Corona, yaitu perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun.

Hingga tanggal 16 Maret 2021 sudah ada total 1.430.458 orang yang terjangkit virus Corona di Indonesia. Tampaknya virus Corona atau yang sering disebut Covid-19 telah menjadikan kehidupan manusia untuk menjalani kenormalan yang baru. Menggunakan masker saat bepergian menjadi hal yang wajib dilakukan. Selain itu rajin mencuci tangan dengan sabun juga hal yang tak boleh terlewatkan. Penting juga untuk menjaga jarak ketika mendekati kerumunan orang.

Akibat adanya pandemi Covid-19, seluruh lapisan masyarakat terkena dampaknya, termasuk mahasiswa. Setelah diumumkan adanya kegawatan dari pandemi ini di Indonesia, mahasiswa harus melakukan kegiatan perkuliahan secara daring. Perkuliahan yang biasanya dilakukan secara tatap muka, berubah menjadi daring dengan berbagai macam platform. Zoom menjadi salah satu platform yang banyak digunakan dalam melakukan kegiatan akademik. Mulai dari perkuliahan materi, pelaksanaan rapat, orientasi mahasiswa baru, hingga melaksanakan seminar.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga menjadi salah satu universitas yang sigap dalam menanggapi pandemi Covid-19 di kalangan kampus. Dalam memenuhi hak mahasiswa, UMY menyediakan sebuah platform yang dapat digunakan mahasiswa untuk melakukan kegiatan perkuliahan. Bahkan UMY menyediakan fasilitas platform khusus yang bernama MyKlass untuk kegiatan belajar dan mengajar para mahasiswa dan dosen. Platform ini hanya dikembangkan di UMY sebagai platform pembelajaran mahasiswa. Meskipun pada awalnya platform tersebut memiliki kendala, seiring waktu berjalan platform MyKlass semakin membaik.

Mulanya platform MyKlass memerlukan penyesuaian untuk penggunaanya. Bahkan beberapa mata kuliah sempat terkendala. Namun seiring waktu MyKlass selalu ditingkatkan oleh UMY.

Loading...

Keunggulan MyKlass sendiri yaitu adanya fasilitas video kelas online yang bisa ditonton ulang oleh mahasiswa. Hal itu memudahkan mahasiswa jika saat perkuliahan  dimulai terjadi kendala sehingga terhambat untuk mendengarkan ceramah mata kuliah yang dibawakan dosen. Namun kendala lain seperti jaringan lambat tampaknya jarang ditemui di platform MyKlass. MyKlass memiliki jaringan yang lebih stabil dibanding platform pembelajaran lain.

Kelebihan platform MyKlass UMY ini juga adanya sistem absensi online. Absensi dapat dilaukan tanpa perlu menulis nama dan NIM mahasiswa. Dalam fasilitas absensi mahasiswa hanya tinggal memilih hadir atau tidak saat perkuliahaan berlangsung.

MyKlass juga memiliki sub-platform pembelajaran online bernama Big Blue Button (BBB). Dalam BBB ketika perkuliahan dimulai maka akan muncul layar power point (PPT) yang di-share oleh dosen. Dalam layar PPT tersebut dosen bisa mencoret-coret layar untuk mempertegas materi yang sedang disampaikan.

UMY juga selalu menerapkan ujian setiap pembelajaran telah dilakukan yang biasa disebut Ujian Capaian Pembelajaran (UCP). MyKlass menyediakan ujian online dengan jawaban berupa pilihan ganda atau esai pendek. Mirip seperti ujian TOEFL, mahasiswa dapat langsung melakukan ujian. Beberapa ujian juga dapat langsung diketahui nilai dari mahasiswa.

Nah, dari platform MyKlass tersebut diharapkan perkuliahan yang dilakukan di UMY dapat berjalan dengan lancar. MyKlass pun tampaknya menjadi platform yang memudahkan mahasiswa untuk melakukan perkuliahan. Terlebih UMY selalu melakukan perbaikan terhadap platform MyKlass agar mudah digunakan oleh mahasiswa. Platform MyKlass mungkin tidak hanya digunakan saat masa pandemi, namun juga bisa digunakan terus-menerus untuk memudahkan perkuliahan di era digital.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red