Pria Afrika ini ubah padang pasir jadi lahan subur, salut!

Jika kita ke bioskop, kita akan menemukan banyak film terkait dengan superhero-superhero fiksi dengan balutan cerita yang menarik. Tapi kita semuanya tahu, tidak ada orang yang memiliki kekuatan-kekuatan super sehingga tidak akan mungkin ada pahlawan yang akan menyelamatkan kita dari bencana dan kejahatan. Tapi setelah melihat film berjudul The Man Who Stopped Dessert yang rilis tahun 2010 silam, anda akan berubah pikiran.

Ternyata untuk menyelamatkan bumi dari bencana tidak hanya bisa dilakukan dengan kekuatan super. Yacouba Sawadogo merupakan pria yang diceritakan dalam film yang mendapatkan julukan seusai dengan judul film tersebut. Bagaimana ia mendapatkannya? Pria ini mendapatkan julukan seperti ini karena ia benar-benar mampu mengubah padang pasir menjadi lahan pertanian yang subur di Afrika Barat.

Untuk mendapatkan julukan ini waktu yang ditempuh tidak singkat, tidak seperti spiderman yang mendapatkan kekuatan laba-laba dalam waktu 1 malam. Yacouba Sawadogo membutuhkan waktu 20 tahun untuk mendapatkan gelar ini. Dalam 20 tahun ini ia tidak hanya berjuang tapi juga mendapatkan cibiran dan cemoohan karena niat tulusnya itu.

Afrika Barat merupakan salah satu bagian dari bumi yang memiliki masalah erosi tanah yang sangat parah. Hal ini disebabkan karena adanya populasi berlebih dan juga penggunaan tanah untuk pertanian tanpa teknik yang benar. Alhasil tanah di Afrika menjadi gersang dan tidak produktif lagi dalam waktu yang lama. Karena hal ini merupakan salah satu bencana, banyak dari ahli pertanahan yang telah ikut membantu untuk mengembalikan kesuburan tanah di Afrika Barat, sayangnya pertolongan tersebut tidak berhasil sehingga tanah Afrika Barat tetap gersang.

Namun Yacouba Sawadogo tidak mau berdiam diri, Yacouba Sawadogo muda menerapkan teknik pertanian Afrika kuno bernama Zai yang dilakukan dengan membuat lubang kecil ditanah, mengisinya dengan kompos dan juga bibit tanaman. Lubang tersebut juga memiliki fungsi untuk menahan air hujan yang turun sehingga dapat digunakan untuk mengairi lahan. Meskipun membutuhkan waktu lama, usaha dari Yacouba Sawadogo ini memunculkan hasil. Kini ada banyak lahan yang sudah diselamatkannya dari kegersangan. Hal inilah yang menyebabkannya mendapatkan julukan sebagai The Man Who Stopped Desert, Keren Bukan?