×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menyambut hari 'Lebaran' Korea Selatan, Chuseok Day

0

Global

Menyambut hari 'Lebaran' Korea Selatan, Chuseok Day

Bulan September adalah bulan yang paling dinanti oleh banyak warga Korea karena mereka akan merayakan "Lebaran".

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hendri Setyawan

12 / 09 / 2019 17:19

Siapa yang tahu kapan orang Korea merayakan hari raya "Lebaran"? Buat kamu yang belum tahu, Lebaran orang Korea disebut Chuseok. Chuseok biasanya dirayakan saat peralihan menuju musim gugur. Chuseok adalah Hari Libur Tradisional Korea atau Korean Traditional Holiday yang tahun ini jatuh pada hari Jumat, 13 September 2019.

Biasanya perayaan ini berlangsung selama tiga hari. Jadi selama tiga hari itu perayaan dilakukan di mana saja di seluruh penjuru Korea. Hari Chuseok ini dilaksanakan untuk merayakan hasil panen yang bagus. Chuseok sendiri dikenal juga dengan istilah 'hangawi' yang berarti perayaan akbar musim gugur atau juga untuk merayakan musim panen besar.

Dalam perayaan ini, orang-orang Korea akan "mudik" ke kampung halaman mengunjungi keluarga yang lebih tua serta pergi ke makam leluhur untuk memberikan sajian makanan, bisa makanan tradisional, buah-buahan bahkan makanan kesukaan keluarga yang telah meninggal tersebut. Selain itu untuk anggota keluarga yang lebih muda akan mengucapkan salam pada anggota keluarga yang lebih tua dengan tidak lupa mengenakan baju tradisional khas Korea, Hanbook.

"Pemudik Korea" juga akan membawa parsel atau bingkisan hadiah untuk keluarga yang mereka kunjungi. Saat berkunjung ke rumah keluarga di kampung halaman, tak lupa keluarga yang menunggu di kampung halaman akan membuat berbagai makanan tradisional khas Chuseok. Makanan yang harus disajikan di meja makan dalam perayaan chuseok adalah songpyeon (kue beras), sindoju (anggur beras), dan jeon (telur dadar khas Korea).

 

Loading...

Songpyeon, kue beras khas Korea

Ada cerita turun-temurun di kalangan masyarakat Korea saat Chuseok tiba. Apabila sang pembuat songpyeon sedang hamil dan hasil olahannya enak, maka nanti anak yang dilahirkannya akan tampan dan cantik. Juga apabila sang pembuat songpyeon masih gadis dan olahan songpyeon-nya enak maka nanti ia akan bertemu dengan pria yang baik dan tampan.

Nah, itulah suatu tradisi baru buat kamu yang suka dengan budaya Korea, semoga semakin menambah wawasan kamu yang suka dengan sesuatu yang berbau Korea.

Oppa noona, chuseok jalboneseyo!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red