×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal Google Earth dari YouTuber Raditya Dika

0

Gadget

Mengenal Google Earth dari YouTuber Raditya Dika

Kamu dapat mengenal Google Earth melalui konten YouTube Raditya Dika feat Ari Lasso.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Abdul Afwu

08 / 05 / 2020 12:10

Siapa yang tidak mengenal Raditya Dika, seorang manusia cerdas, kreatif, dan inovatif. Radit memulai kariernya melalui tulisan blog, lalu berlanjut menjadi penulis buku, stand up comedian, hingga menjadi sutradara film. Yang paling menarik dari dirinya adalah pikiran dan ide yang selalu inovatif. Baru-baru ini dia mengunggah di channel YouTub-nya menggunakan aplikasi Google Earth untuk menjelajahi lokasi tanpa harus keluar rumah.

Pada tanggal 30 Aril 2020, Raditya Dika mengunggah konten bersama Ari Lasso dengan judul Ini Dia Sekolahnya Ari Lasso Dulu... Dengan durasi 22 menit dia menggunakan Google Earth untuk menjelajahi masa lalu Ari Lasso. Nampaknya ide tersebut disambut baik oleh Ari Lasso, dia beberapa kali sangat antusias menceritakan kisah hidupnya sambil melihat tempat-tempat masa lalunya.

Sebenarnya konten Google Earth bersama Ari Lasso itu bukan pertama kalinya. Sebelumnya pada tanggal 10 April 2020 Radit sempat mengunggah konten yang sama di channel YouTube-nya. Namun kemasannya belum semenarik ketika duet dengan Ari Lasso.

Lalu apa sih Google Earth itu?

Google Earth adalah program virtual yang menampilkan kondisi tempat di seluruh dunia. Program virtual ini dibuat oleh Keyhole, Inc pada tanggal 11 Juni 2001. Selain Google Earth, Google juga menyediakan program lain seperti Earth Studio, Earth Engine, Earth Outreach, dan Earth VR.

Loading...

Dengan Google Earth kamu dapat berkeliling dunia secara 3D tanpa meninggalkan tempat duduk dan juga dapat melihat kondisi masa lalu dengan fitur historis. Untuk mengaksesnya kamu bisa mencoba melalui website https://www.google.com/earth/ atau melalui aplikasi.

Apa saja fitur yang tersedia di Google Earth?

1. Voyager.

Fitur ini diluncurkan secara global pada tahun 2017. Melalui fitur Voyager, pengguna Google Earth dipandu menjelajahi lokasi secara 3D dan juga diberikan informasi menarik seputar lokasi tersebut. Hal ini sangat berguna bagimu untuk mendapatkan gambaran lebih detail melalui informasi berupa cerita-cerita dan pengalaman.

Cara membuka fitur ini sangatlah mudah. Pertama-tama buka aplikasi Google Earth lalu di bagian atas tap gambar kemudi kapal. Kamu bisa memilih opsi di dalamnya seperti sejarah, alam, dan lain-lain. Kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai suhu global, curah hujan, dan kecepatan angin.

2. I’m feeling lucky.

Google Earth menyuguhkan sebuah permainan seru dengan fitur I’m feeling lucky. Fitur ini akan membawa penggunanya menjelajah suatu tempat secara acak. Pengguna juga akan mendapatkan seputar informasi yang menarik dari tempat yang dipilih Google Earth secara acak.

Cara menggunakannya mudah sekali. Setelah kamu membuka aplikasi Google Earth tinggal klik gambar dadu di bagian atas dan secara ajaib globe berputar memilihkan lokasi acak untuk dijelajahi. Mau tahu keseruannya? Bisa kamu coba sendiri di aplikasi Google Earth sekarang juga.

3. 3D imagery.

3D imagery adalah fitur andalan Google Earth. Pengguna dapat melihat pemandangan secara detail tiga dimensi. Tak hanya dapat menelusuri pemandangan di atas tanah, pengguna bahkan dapat menelusuri kondisi bawah laut dengan fitur tersebut. Hal inilah yang menjadi slogan Google Earth, berkeliling dunia tanpa meninggalkan tempat duduk.

Bagi kamu yang penasaran dengan kuburan kapal karam yang keren atau pemandangan kota New York yang indah bisa mencobanya. Fitur 3D ini diperbarui setiap setahun sekali untuk meng-update data tipografi sebuah lokasi. Sayangnya ada beberapa lokasi yang masih dalam proses untuk ditampilkan. Untuk mengetahui secara detail kamu bisa mencobanya sendiri.

4. This is home.

Pada 16 Agustus 2017, Google Earth merilis untuk pertama kalinya 22 rumah dan budayanya untuk dijelajahi. Hampir mirip dengan fitur Voyager, This is home juga menampilkan informasi-informasi rumah tradisional dan budayanya dari seluruh dunia yang dikemas secara virtual. Pengguna juga akan mempelajari sudut pandang setiap rumah dan budayanya, sehingga fitur ini cocok sekali untuk memberikan pelajaran sejarah. Salah satunya ialah rumah dan budaya di daerah barat daya Madagaskar Desa Lambora. Daripada penasaran, kamu bisa coba dan cek sendiri melalui aplikasi Google Earth.

Itulah informasi mengenai Google Earth lengkap dengan fitur-fiturnya. Tunggu apa lagi? Coba sekarang dan dapatkan pengalaman yang seru menggunakan aplikasi Google Earth. Menjelajah dunia tanpa meninggal tempat duduk. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Sekian dan  terima kasih.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red