×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal Electric Train Service, kereta api tercepat di Asia Tenggara

0

News

Mengenal Electric Train Service, kereta api tercepat di Asia Tenggara

Electric Train Service (ETS) milik Malaysia ini mampu melaju hingga kecepatan 160 km/jam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Samsul Muarif

02 / 11 / 2018 22:16

Keunggulan Malaysia di bidang infrastruktur tidak perlu diragukan kalau dibandingkan dengan Indonesia. Bahkan dalam beberapa hal, Negeri Jiran ini memegang status terbaik di Asia Tenggara.

Salah satunya adalah infrastruktur yang berkaitan dengan kereta api. Tidak banyak yang tahu bahwa Malaysia memiliki layanan kereta api tercepat di Asia Tenggara. Kereta tersebut dapat melaju hingga kecepatan 160 km/jam. Namun saat beroperasi secara reguler, kereta ini hanya dioperasikan dengan kecepatan 145 km/jam.

Kereta api tercepat di ASEAN

Sumber : Themalaysiantimes.com.my

Layanan kereta api tercepat di Malaysia dan di Asia Tenggara ini diberi nama ETS (Electric Train Service). Kereta api ini dioperasikan oleh BUMN Malaysia yang bernama KTM (Kereta Tanah Melayu). Makanya layanan kereta api ini sering juga disebut dengan KTM ETS.

Loading...

Kereta api tercepat di Asia Tenggara

Sumber : Economytraveller.com

Dilihat dari kecepatan maksimalnya, KTM ETS belum tergolong dalam kategori high speed rail atau kereta kecepatan tinggi. Sebuah layanan kereta api masuk dalam kategori kereta super cepat setidaknya dapat melaju hingga 250 km/jam. Jadi sampai saat ini memang belum ada kereta super cepat di Asia Tenggara. 

KTM ETS ini resmi beroperasi pada tanggal 10 Agustus 2010. Berarti sudah lebih dari 10 tahun beroperasi. Hadirnya KTM ETS membuat Malaysia selangkah lebih unggul dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Umumnya negara-negara ASEAN lainnya memiliki kereta api yang saat beroperasi hanya melaju dengan kecepatan di bawah 100 km/jam. 

Kereta api tercepat di ASEAN

Sumber : Vkeong.com

Pemasok kereta untuk KTM ETS ini adalah perusahaan asal China yang bernama CRRC ZhuZhou Locomotive Co., LTD. Perusahaan tersebut sebelumnya juga pernah memasok kereta untuk LRT (Light Rail Transit) Kuala Lumpur. 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red