×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Media sosial berubah fungsi, jangan sampai 'baper' ketika mengaksesnya

0

Serius

Media sosial berubah fungsi, jangan sampai 'baper' ketika mengaksesnya

Tak sedikit pengguna Medsos yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk menjatuhkan lawan politik dan akhirnya terjadi pertikaian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

dicky irawan

26 / 02 / 2019 16:40

Belakangan ini Media Sosial (Medsos) sudah berubah fungsi menjadi sarana menghujat, adu domba, dan saling menjatuhkan. Suasana persaingan politik sangat terasa di Medsos. Akibatnya, awalnya kawan sekarang menjadi lawan karena perbedaan pilihan.

Tidak sedikit pengguna Medsos, seperti Facebook, menjadikannya sebagai sarana untuk saling menjatuhkan lawan politik. Anak milenial pun yang biasanya suka memposting status “alay”, sekarang sudah ikut-ikutan berpolitik di Medsos.

Tetangga saya misalnya, biasanya siswa SMA itu suka memamerkan sepatu barunya di Medsos, sekarang sudah berubah. Dia malah suka memposting status yang berbau politik. Apalagi orang dewasa yang sudah melek politik. Paling suka memposting status berbau politik yang bahkan tidak berpengaruh terhadap dirinya sama sekali. Bahkan ada sejumlah oknum yang menjadikan sarana Facebook untuk mendapatkan uang dengan memposting status berbau politik.

Facebook yang dulunya berfungsi untuk saling sapa, menambah silaturahmi, sekarang berubah fungsi menjadi area untuk saling menghina karena perbedaan pilihan. Grup-grup Facebook yang berbau politik pun tumbuh subur seperti jamur di musim hujan. Di situlah ajang saling menghujat sangat terasa. Bahkan para pengguna Facebook tak segan-segan memaki lawan bicaranya di Facebook.

Seolah tak takut melanggar Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), para pengguna Facebook dengan enaknya melakukan ujaran kebencian. Padahal Indonesia telah memiliki UU 11 2008 tentang Informasi serta Transaksi Elektronik, atau teknologi informasi secara umum.

Salah satu tujuan UU ITE adalah mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi.

ilustrasi foto medsos

Pakai Medsos jangan baper.

Sejumlah pengguna Medsos yang terbawa emosi membalas komentar orang karena dia terlalu Bawa Perasaan (Baper). Di tengah banyaknya status Medsos yang berbau politik, harusnya kita bisa bijak menggunakannya. Jangan terlalu terbawa perasaan. Karena bila terlalu Baper, bukan tidak mungkin akan bisa emosi. Akibatnya pun bisa fatal, yaitu UU ITE menanti. Pengguna Medsos bisa masuk bui hanya karena status dan komen di Medsos.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red