Matanuska-Susitna adalah sebuah lembah kecil di Alaska, Amerika Serikat. Tak banyak lokasi dengan pemandangan menakjubkan di sini. Tetapi Matanuska-Susitna memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lembah ini merupakan tempat tumbuhnya buah dan sayur berukuran raksasa.

Setiap tahun daerah Palmer mengadakan The Alaska State Fair, sebuah kontes buah dan sayuran. Pada acara ini, para petani di Matanuska-Susitna secara rutin melombakan sayur-sayur jumbo yang mereka tanam. Di sini sayuran dengan berat puluhan kilogram merupakan hal yang biasa.

Ladang ini hasilkan sayur dan buah raksasa, ini lho rahasianya

Kubis seberat 62 kilogram hingga brokoli dengan berat 15 kilogram adalah beberapa dari deretan sayur raksasa yang menjadi juara kontes dalam beberapa tahun terakhir.

Ladang ini hasilkan sayur dan buah raksasa, ini lho rahasianya

Sayur-mayur dengan ukuran luar biasa merupakan ciri khas Matanuska-Susitna. Lembah itu merupakan daerah pertanian paling produktif di Alaska.

Kamu mungkin penasaran kenapa sayur yang ditanam di sini bisa memiliki ukuran sebesar itu. Tak ada rekayasa genetik atau bahan kimia. Rahasia pertumbuhan tanaman pangan yang luar biasa di Matanuska-Susitna cuma sinar matahari yang berlimpah.