×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Marmalade: Potensi jitu olahan jeruk siam Desa Tempuran

0

Komunitas

Marmalade: Potensi jitu olahan jeruk siam Desa Tempuran

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2019 melakukan kegiatan di Desa Tempuran dengan memanfaatkan kulit jeruk siam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Graciana Ika

15 / 08 / 2019 08:20

Desa Tempuran merupakan desa yang memiliki potensi di bidang pertanian dan perkebunan, salah satunya yaitu jeruk siam. Tetapi sangat disayangkan belum ada pengelolaan lebih lanjut, padahal komoditas jeruk siam di Desa Tempuran cukup tinggi.

Mahasiswa KKN kemudian menanggapi masalah ini dengan memberikan pelatihan pengelolaan jeruk siam dengan membuatnya menjadi marmalade (selai jeruk). Kegiatan ini dilakukan pada Rabu, 7 Agustus 2019 bertempat di Balai Desa Tempuran. Kegiatan ini ditargetkan kepada ibu–ibu rumah tangga Desa Tempuran agar nantinya dapat mengolah hasil dari jeruk siam.

Contoh Hasil Marmalade (Selai dari Kulit Jeruk Siam)

Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan materi tentang keunggulan dari jeruk siam karena dapat dibuat berbagai macam olahan makanan dan minuman. Selanjutnya, ibu–ibu diajarkan praktik langsung pembuatan marmalade karena sangat praktis dan memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi. Setelah selesai melakukan praktik, ibu–ibu dapat merasakan rasa dari marmalade yang dibuat, serta dapat membawa pulang bingkisan dari pembuatan marmalade. 

Acara ini direspon positif oleh ibu–ibu Desa Tempuran karena sadar akan potensi yang dimiliki dari olahan jeruk siam yang sebelumnya belum pernah terpikirkan. Pelatihan ini ditutup dengan ucapan terima kasih Ibu Ketua PKK Desa Tempuran, “Saya sangat berterimakasih pada mahasiswa KKN karena dapat melihat potensi desa tempuran yang sebelumnya belum disadari. Saya berharap kedepannya pengolahan jeruk siam Desa Tempuran bisa menembus pasar lokal dan dapat bersaing dengan UMKM lainnya”.

Loading...





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red