Untuk membuat satu film, seorang sutradara beserta timnya harus bekerja dengan sangat keras dan teliti agar dapat menciptakan sebuah film yang bagus. Apa jadinya jika mereka harus menciptakan tiga film berbeda, yang dari segi cerita, kemiripan tema, atau tokoh-tokohnya saling berkaitan, tetapi secara kualitas harus minimal sama, atau bahkan lebih baik, agar dapat menjadi satu-kesatuan yang dapat dinikmati oleh banyak orang, baik itu kritikus ataupun penggemar film pada umumnya.

Saat para sineas film tersebut berhasil membuat film pertama (dari trilogi) mereka dengan apik, tak jarang mereka mendapatkan hambatan saat membuat film kedua dan ketiga. Alhasil, alih-alih mendapat pujian terhadap sekuel film tersebut, para pembuat film ini malah mendapat cercaan dari para kritikus. Namun sebagai penggemar film yang mungkin masih awam terhadap dunia perfilman, rasanya cukup saja bagi kita untuk hanya sekadar menikmati film sebagai sarana hiburan.

Berikut 5 rekomendasi film trilogi yang dapat kamu tonton:

1. The Before Trilogy (1995, 2004, 2013)

5 Rekomendasi film trilogi yang wajib kamu tonton, menarik banget!

The Before Trilogy merupakan film paling romantis dari daftar ini. Film ini menceritakan kisah asmara antara Jesse (Ethan Hawke) dan Cline (Julie Delpy) dari awal pertemuan keduanya di dalam sebuah kereta, pertemuan kedua mereka sembilan tahun kemudian, serta kehidupan pernikahan mereka sembilan tahun setelah pertemuan kedua mereka. Hal yang membuat kisah cinta keduanya semakin romantis adalah pembuatan ketiga film ini yang sengaja dibuat dalam jarak 9 tahun dari masing-masing film.

Film ini merupakan film berdialog banyak karya sutradara Richard Linklater yang terkenal oleh film-filmnya yang memang lebih banyak mengambil tema dalam kehidupan sehari-hari. Selain film ini, Linklater juga mensutradarai film Boyhood (2014) yang pembuatannya memakan waktu selama 12 tahun.

2. The Dark Knight Trilogy (2005, 2008, 2012)

5 Rekomendasi film trilogi yang wajib kamu tonton, menarik banget!

Merupakan trilogi superhero terkenal karya sutradara handal, Christopher Nolan. Banyak yang mengatakan bahwa ketiga film dalam trilogi ini merupakan film Batman terbaik yang pernah dibuat, terutama film kedua. Sangat saya rekomendasikan untuk semua penggemar film superhero.

3. The Godfather Trilogy (1972, 1974, 1990)

5 Rekomendasi film trilogi yang wajib kamu tonton, menarik banget!

Adalah film trilogi yang menjadi kiblat bagi banyak film mafia lainnya. Menceritakan tentang kehidupan keluarga mafia Italia di Amerika dan perseteruan mereka dengan kelompok mafia lain. Dari ketiga film dalam trilogi ini, film pertama dan kedua mendapatkan pujian dari banyak kritikus film dan penonton. Namun film ketiganya tidak "sebagus" dua film pendahulunya. Jika ingin menonton trilogi ini, banyak yang bilang bahwa kamu tak perlu menonton sampai film ketiga. Ketiga film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola.

4. The Hobbit Trilogy (2012, 2013, 2014)

5 Rekomendasi film trilogi yang wajib kamu tonton, menarik banget!

Satu dari dua trilogi dalam daftar ini ber-setting di Middle Earth. Film fantasi yang menceritakan tentang petualangan Bilbo Baggins (Martin Freeman) yang merupakan prekuel dari entri kelima dalam daftar ini. Film ini disutradarai oleh Peter Jackson.

5. The Lord of the Rings Trilogy (2001, 2002, 2003)

5 Rekomendasi film trilogi yang wajib kamu tonton, menarik banget!

Banyak yang mengatakan film fantasi epik ini sebagai film petualangan terbaik sepanjang masa. Sangat wajar. Mengingat skala dari film ini, baik dari segi aktor, produksi, cerita, sinematografi, kostum, dan lain-lainnya pun, sangatlah besar. Sama seperti Trilogi The Hobbit, film ini pun ber-setting di Middle Earth dan disutradarai oleh Peter Jackson.

Manakah trilogi film favorit kamu?