Palembang merupakan salah satu kota yang banyak menyimpan kekayaan wisatanya. Salah satu kekayaan Palembang adalah simpanan kuliner khasnya yang menjadi favorit banyak kalangan. Di wilayah yang dialiri Sungai Musi tersebut ada salah satu kuliner favorit bernama pindang. Pindang adalah sebutan bagi masakan berbahan dasar ikan atau tulang sapi yang diolah dengan paduan rempah tertentu.

Masakan pindang ini tak cuma satu resep saja lho! Berikut adalah aneka jenis pindang yang bisa kamu nikmati di kota yang terletak di ujung Sumatera ini. Simak yuk!

1. Pindang Patin

Kuliner lezat, ini 5 olahan pindang khas Palembang yang bikin lapar

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa sajian yang satu ini berbahan dasar ikan Patin. Ikan Patin memang banyak ditemukan di Palembang dengan rasa daging yang gurih serta lembut. Kuah hangat dalam masakan pindang patin ini diolah dengan beragam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun salam, hingga belimbing wuluh. Pastinya rasa gurih, asam dan manis dalam kuahnya siap mampir di lidah ya? Varian pindang patin ini pun beragam, ada pindang patin serani, pindang patin tempoyak, dan pindang patin kuah bening.

2. Pindang Pegagan

Kuliner lezat, ini 5 olahan pindang khas Palembang yang bikin lapar

Masakan yang satu ini adalah khas dari Suku Pegagan, sub suku Ogan. Bermukim di sungai Musi membuat mereka banyak menemukan jenis ikan patin, baung, dan gabus. Ketiga ikan ini biasanya diolah dengan bumbu khas pegagan yang rasanya juga nikmat. Dengan kuah merah serta ikan empuk, serta aroma terasi dan asam Jawa yang cukup menyengat, Pindang Pegagan banyak digemari di Palembang.

3. Pindang Tulang

Kuliner lezat, ini 5 olahan pindang khas Palembang yang bikin lapar

Kalau pindang yang satu ini berbahan dasar iga sapi yang direbus dalam bumbu asam manis pedas. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya ya? Segar dan nikmat disantap dengan nasi hangat. Uniknya, makanan ini biasa disajikan di atas tungku api kecil, sehingga selalu hangat sampai suapan terakhir.

4. Pindang Ikan Salai

Kuliner lezat, ini 5 olahan pindang khas Palembang yang bikin lapar

Ikan yang diasapi terlebih dulu, disebut dengan salai. Palembang juga punya kuliner salai ini lho! Pengasapan dilakukan untuk menambah cita rasa dari ikan lais, baung, atau lele yang menjadi bahan dasarnya. Siap-siap lidah kita disapa dengan sedapnya ikan asap yang dicampur dengan kuah pekat berasa pedas dan manis ini ya!

5. Pindang Meranjat

Kuliner lezat, ini 5 olahan pindang khas Palembang yang bikin lapar

Sedikit mirip dengan pindang pegagan, pindang meranjat ini memiliki kuah yang berwarna lebih merah dan potongan rawit lebih banyak. Segarnya nanas, daun bawang, tomat, serta kemangi juga dipadukan menjadi citarasa khas dalam kuah pindang meranjat.