Pernah dengar jurusan Hubungan internasional? okee jadi jurusan ini udah ada di universitas negeri maupun swasta di Indonesia. buat kamu yang pengen masuk kuliah jurusan ini, ada beberapa hal yang harus kamu tahu dulu, tak kenal maka tak sayang kan? here we goooo..

1. Di jurusan ini kamu bakal belajar POLITIK

Kuliah jurusan Hubungan Internasional? Ini 4 hal yang harus kamu tahu

Kenapa politik? padahal kan hubungan internasional?

dalam ilmu HI (Hubungan Internasional), politik adalah hal yang penting untuk berhubungan dengan negara atau aktor lain. di jurusan ini, kamu bakal ketemu dengan mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik, Sistem Politik. selain itu kamu juga bakal kepoin sistem politik beberapa negara seperti di wilayah Timur Tengah, Amerika Utara dan Wilayah lain.

2. Anak HI biasanya sering keluar negeri

Banyak orang berpikir kalau anak HI itu sering keluar negeri, tapi nyatanya sih gak begitu juga, memang ada anak HI yang bisa sampai keluar negeri, dan ada juga anak HI tapi belum pernah keluar negeri kayak aku hehe *curhat. tapi biasanya kebanyakan cita-cita anak HI pengen keluar negeri kalau bisa dibayarin sih haha.

Kuliah jurusan Hubungan Internasional? Ini 4 hal yang harus kamu tahu

3. Jurusan HI nanti kerjanya dimana?

ini yang pernah ada di benakku pas lulus jurusan HI, biasanya anak HI itu kerjanya paling deket itu jadi diplomat atau kerja di Kementerian Luar Negeri atau jadi duta besar. tapi gak mentok disana aja sih, anak HI kerjanya bisa dimana aja, di bank atau jadi jurnalis juga bisa.

4. Konsentrasi di jurusan HI

ini berdasarkan universitas aku, kalau di kampus ku, jurusan ini punya 3 konsentrasi yang nanti harus dipilih salah satu waktu masuk semester 5. konsentrasinya adalah: Diplomasi dan Keamanan, Ekonomi Politik Internasional dan Isu-isu Kontemporer