Kosmetik sering dikaitkan dengan wanita dan kecantikan. Mengapa demikian? Karena kosmetik digunakan untuk menunjang atau meningkatkan penampilan khususnya seorang wanita mulai dari mempercantik wajah, kulit, hingga rambut.

Kosmetik bisa dibuat dari berbagai zat kimia maupun bahan-bahan alami. Sekarang ini, sering terdengar cara mempercantik tubuh dari bahan alami atau non-sintetis yang unik, seperti pijat ular, telur ikan, siput atau lintah. Hal tersebut dirasa sah-sah saja bagi kebanyakan orang, tapi bisakahkamu bayangkan dengan yang satu ini? Ya penggunaan tinja sebagai kosmetik. Mengingat tinja atau feses merupakan hasil buangan yang dikeluarkan akibat proses pencernaan. Maka akan dinilai berbahaya karena mengandung banyak mikroba dan telur cacing yang tentu mengancam kesehatan. Selain itu, wujudnya yang menjijikkan membuat orang selalu menghindarinya. Tapi ide dari pembuatan kosmetik di bawah ini sangat mengejutkan!

1. Surplus, parfum dari tinja manusia

Aneh tapi nyata, 3 kosmetik ini dibikin dari tinja

foto: fragrantica.com

Jammie Nicholas, seorang seniman Inggris menjadi sangat terkenal setelah membuat ide gila yakni merilis sebuah parfum yang bahan bakunya terbuat dari tinjanya sendiri. Jammie Nicholas menamai parfum eau de toillet itu dengan nama Surplus. Dilansir dari laman odditycentral.com,Jammie telah menjual 25 botol parfumnya dengan harga USD 65. Ide Jammie ini didapatkannya setelah membaca buku berjudul "The History of Shit" oleh Dominique Laporte tentang implikasi teoritis dan sosial dari kotoran yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik.

2. Perawatan muka dari tinja burung

Aneh tapi nyata, 3 kosmetik ini dibikin dari tinja

foto: Rula.co.id

Sebuah tempat spa di Amerika Serikat seperti Shizuka(New York) menawarkan cara menghaluskan kulit menggunakan tinja burung Bul bul. Tahi burung ini diyakini mengandung pelembab dan enzim untuk meluruhkan sel kulit mati.

Dilansir dari natmonitor.com,sekitar 100 pelanggan mengunjungi salon perawatan kulit Shizuka New York setiap bulan untuk mendapatkan kotoran burung, menurut The Associated Press, salon menggunakan kotoran burung bulutri Asia yang diimpor dikombinasikan dengan dedak beras. Wajah tersebut dikatakan bisa menjaga fitur lembut wajah dengan memanfaatkan enzim dalam kotoran untuk mengelupas kulit.

Untuk menggunakan tahi burung ini sebagai bahan spa, terlebih dahulu tahi burung dicampur sekam padi untuk menghilangkan bau tidak sedap. Anda tertarik? spa ini menghabiskan dana sebesar USD 180.

3. Parfum dari tinja sapi

Aneh tapi nyata, 3 kosmetik ini dibikin dari tinja

foto: aianaj.com

Mendengar nama kotoran sapi mungkin membuat Anda merasa jijik, tapi faktanya kotoran ini bisa menjadi bahan untuk membuat parfum yang wangi. Anda tak tidak perlu khawatir tentang bau dari produk parfum yang satu ini karena jika kotoran sapi telah diuapkan atau dipanaskan dalam tabung bertekanan tinggi maka akan menghasilkan wangi seperti vanilla yang bisa dipakai untuk pengharum parfum. Aneh tapi nyata!