×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kerja di kafe lebih produktif ketimbang di kantor? Ini penjelasannya

0

Wow

Kerja di kafe lebih produktif ketimbang di kantor? Ini penjelasannya

Siapa yang sering kerja di kafe?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nugraha Defri

19 / 02 / 2019 13:10

Banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya bekerja lebih dari delapan jam di ruangan. Hal ini tentu berbeda dengan para pekerja lepas atau freelancer yang bisa bekerja di manapun kapan pun. Biasanya kafe merupakan pilihan yang disukai oleh orang banyak untuk bekerja menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk. Tak hanya nyaman, sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan bekerja di kafe Anda bisa lebih semangat kerja daripada nmenyelesaikannya di kubikel kantor. Lantas bagaimana caranya bekerja di café lebih produktif daripada di kantor? Berikut informasi selengkapnya:

Lebih semangat kerja di kafe yang bising dibandingkan di kubikel kantor

Produktivitas adalah kunci keberhasilan di tempat kerja. Namun sayangnya, kebisingan di tempat kerja, baik itu bergosip, suara ramai bos-bos yang rapat justru membuyarkan konsentrasi. Hal ini berbanding terbalik dengan penelitian salah satu universitas di Jepang yang menyatakan bahwa Anda bisa lebih semangat kerja saat bekerja di kafe yang berisik. Penelitian ini dilakukan dengan membagi dua kelompok, di mana kelompok pertama diminta bekerja dalam suasana kantor, lengkap dengan latar belakang suara rekan kerja yang sedang ngobrol. Sedangkan kelompok yang kedua bekerja sambil ditemani latar belakang suara berisik yang tidak jelas. Reaksi otak setiap partisipan diamati dengan alat khusus untuk melihat bagaimana otak berusaha memproses suara atau mengabaikan suara-suara yang ada. Hasilnya membuktikan bahwa latar belakang suara bising yang berasal dari obrolan teman kerja dapat menurunkan konsentrasi dan membuat Anda lebih cepat suntuk. Selain itu, bekerja di kantor sambil mendengarkan musik juga tetap menurunkan produktivitas kerja. Sedangkan kebisingan yang hadir di tengah-tengah kafe justru dilaporkan tidak terlalu mengganggu produktivitas kerja.

Penelitian di atas menyimpulkan bahwa bekerja di kantor sambil mengobrol sangat tidak efektif ketimbang bekerja sendirian di kafe, walaupun dua tempat ini suasananya sama-sama berisik. Hal ini lantaran diskusi yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun gosip yang terjadi di kantor akan lebih mengalihkan perhatian dibandingkan percakapan dua orang asing yang tidak sengaja terdengar di kafe. Saat Anda mendengar teman kerja Anda di kantor berdiskusi atau Anda diajak mengobrol, fokus Anda sepenuhnya akan teralih pada isi obrolan tersebut, sehingga konsentrasi dan niat Anda untuk menyelesaikan apa yang harus diselesaikan hari itu. Sama halnya dengan suara musik di earphone Anda saat bekerja. Lirik dan melodi lagu yang sudah sangat Anda kenal malah membuat otak bernostalgia mengingat kenangan yang terkait dengan lagu tersebut atau malah memancing otak untuk mengingat kembali lirik yang terlupakan, agar bisa di senandungkan.

Hal ini berbeda dengan kebisingan saat bekerja di kafe, suara orang yang memesan makanan, menelepon orang lain, hingga mengobrol dengan teman sebangkunya, yang terdengar asing, otak secara tidak langsung bisa menyortir dan memblokir isi percakapan tersebut karena sama sekali tidak berhubungan dengan Anda maupun pekerjaaan yang sedang Anda kerjakan.

Loading...

Suara latar belakang yang asing di kafe bisa menjadi white noise darurat untuk Anda. White noise merupakan kumpulan jenis suara berbeda dari berbagai frekuensi yang dapat menutupi suara-suara yang mengganggu konsentrasi selama bekerja.

Nah, sudah tahu kan mengapa banyak orang bekerja di luar kantor alias di café? Mungkin Anda tertarik untuk mencobanya?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red