×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kekuatan content marketing di era digital yang patut kamu ketahui

0

N/A

Kekuatan content marketing di era digital yang patut kamu ketahui

Pemanfaatan media digital untuk dijadikan sebagai platform penyebaran content marketing memiliki kekuatan yang besar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ade Noviani

23 / 06 / 2020 14:40

 

Saat ini, content marketing atau pemasaran konten sedang berkembang pesat dan cepat. Hal ini disebabkan karena biaya pasang iklan melalui media massa setiap tahunnya naik hingga 100%. Selain itu, melalui media massa juga industri tidak bisa mengontrol secara langsung hasil dari pesan yang disampaikan karena tidak ada dialog secara langsung dengan audiens yang melihat (tidak interaktif). Hal ini yang menyebabkan akhirnya para dunia industri menciptakan dan membuat content marketing sendiri dengan memanfaatkan media digital.

Pemilik industri sudah mulai membuat media sendiri, membuat materi konten sendiri, strategi konten (ada planning untuk bikin konten, bisa mengukur konten apa yang traffic-nya tinggi), distribusi konten keren, menjaga audiens, dan menambah audiens baru. Hal ini yang disebut dengan content marketing atau pemasaran konten.

Content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan tepat yang pada akhirnya akan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Ada dua jenis content marketing, yaitu own media dan paid media. Berikut ini merupakan perbedaan antara own media dan paid media:

1. Own media, yaitu punya individu atau perseorangan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Loading...

a. Biayanya lebih efektif.

b. Direct interction to audience.

c. Bisa cek secara berulang setiap kali atau setiap waktu.

d. Bisa maintain own audience.

e. Tidak ada aturan.

f. Bebas.

g. Bisa berkolaborasi.

2. Paid media, yaitu media massa lama yang sudah memiliki audiens besar (industri besar) dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Biayanya mahal untuk beriklan.

b. Tidak interaktif dengan audiens.

c. Prosesnya susah diukur.

d. Acuate media audiences.

e. Aturan terlalu banyak.

f. Konten terbatas.

Peran own media itu sangat penting karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi lagi untuk promosi. Government dan non government saat ini sudah mempunyai social media pribadi. Content marketing adalah raja karena 80% konten dan 20% proses marketing. Cara untuk membuat content marketing, salah satunya adalah konten tersebut harus unik. Ada beberapa perbedaan jenis jenis konten dahulu dan sekarang.

Dahulu:

1. Artikel biasa.

2. Foto biasa.

3. Infografis.

Sekarang:

1. Interaktif atau long form (pembaca atau audiens masuk ke website bisa melakukan interaksi contohnya mengisi kepribadian).

2. Foto story membuat orang lain seperti mengikuti perjalanan kita.

3. Motion grafis (karena aplikasinya banyak, tidak perlu shooting, tinggal nyari materi dari website lalu dikumpulkan melalui motion grafis) ketika di-share tanpa sadar viewers-nya banyak.

4. Video (menjadi konten yang paling dominan karena audiensnya orang orang suka nonton video).

5. Podcast (audiensnya cukup tinggi).

6. TikTok.

Itulah beberapa kekuatan content marketing di era digital saat ini. Hal ini tentu saja sudah pasti menguntungkan bagi pemilik industri, namun harus tetap dengan perencanaan dan strategi yang tepat agar tujuan dan penyampaian pesannya tercapai.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red