Inggris akhirnya menang adu pinalti dengan skor 4-3 (1-1) dari Kolombia di babak perdelapan final Piala Dunia 2018 (4/7), Di Spartak Stadium, Rusia.Kemenangan Inggris tersebut membuat The Three Lions lolos ke babak perempat final berhadapan dengan Swedia yang sebelumnya mengalahkan Swiss dengan skor 1-0.

Menang adu pinalti di Piala Dunia 2018 merupakan yang pertama kali bagi Timnas Inggris. Inggris menghadapi adu pinalti pertama kali di Piala Dunia 1990 pada babak semifinal melawan Jerman, namun kalah dengan skor 4-3 (1-1).

Momen kala Inggris menang adu pinalti di turnamen besar

Di Piala Dunia 1998, Negeri Ratu Elizabeth kembali menelan kekalahan dari Argentina dengan skor 4-3 (2-2) di babak perdelapan final. Pada Piala Dunia 2006, kesialan Inggris dalam adu pinalti masih belum mau pergi. David Beckham dkk saat itu dikandaskan oleh Portugal dengan skor 3-1 (0-0).

Begitu juga di Piala Eropa di mana Inggris tidak pernah beruntung dalam adu tos-tosan. Di Piala Eropa 1996 Inggris kalah di tangan Jerman di babak semifinal dengan skor 6-5 (1-1).

Piala Eropa 2004 nasib Inggris lagi-lagi sial dengan kalah atas tuan rumah Portugal di babak perempat final dengan skor 6-5 (1-1). Terakhir Inggris kalah adu pinalti adalah di Piala Eropa 2012 dari Italia dengan skor 4-2 (0-0).

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata Inggris pernah menang dalam adu pinalti di turnamen besar yang mereka hadapi yaitu di Piala Eropa 1996 atas Spanyol dengan skor 4-2 (0-0) ?

Momen kala Inggris menang adu pinalti di turnamen besar

Pertandingan yang berlangsung pada 22 Juni 1996 di Stadion Wembley ini berjalan dengan ketat dan seimbang. Inggris yang lebih diunggulkan karena berstatus sebagai tuan rumah ternyata mendapat perlawan sengit dari Spanyol yang dimotori oleh Fernando Hierro yang kini menjabat sebagai pelatih Spanyol Di Piala Dunia 2018.

Di awal Pertandingan Inggris langsung menggebrak pertahanan Spanyol lewat Alan Shearer dan Tony Adams namun masih bisa digagalkan kiper legenda Spanyol, Andoni Zubizarreta.Sementara Spanyol mencuri peluang yang dilakukan strikernya yaitu Javier Manjarin dan berhasil menjaringkan bola ke gawang Inggris yang dijaga David Seaman. Namun sayang gol itu dianggap offside oleh hakim garis padahal terlihat Manjarin berada dalam posisi on side.

Di babak kedua, Spanyol harusnya mendapat pinalti karena Alfonso Perez dijatuhkan oleh Paul Gascoigne namun wasit Marc Batta asal Prancis malah memberi kartu kuning kepada Alfonso karena dianggap melakukan diving.

Skor 0-0 bertahan hingga akhir perpanjangan waktu dan kemudian dilakukan adu pinalti untuk menentukan pemenang. Inggris yang berkesempatan melakukan tendangan pertama melalui Shearer sukses menjebol gawang Zubizarreta.

Keberhasilan menendang pinalti itu diikuti pemain Inggris lain yaitu Stuart Pearce, David Platt, dan Gascoigne. Sementara Spanyol hanya dua pemain yang berhasil tendangan pinaltinya yaitu Guillermo Amor dan Alberto Belsue. Dua pemain Spanyol yang gagal adalah Fernando Hierro dan Angel Nadal.

Momen kala Inggris menang adu pinalti di turnamen besar

Kemenangan Inggris di babak adu pinalti itu mengantar mereka lolos ke babak semifinal melawan Jerman. Tapi sayang Inggris tidak seberuntung di babak perempat final.

Saat adu pinalti, Gareth Southgate gagal menaklukkan Andreas Koepke di tendangan ke enam sementara pemain Jerman Andreas Moeller berhasil menjebol gawang Seaman yang membawa Jerman ke final dan menjadi juara setelah mengalahkan Republik Ceko 2-1.

Momen kala Inggris menang adu pinalti di turnamen besar

Kegagalan Southgate dalam adu pinalti saat melawan Jerman di Piala Eropa 1996 yang menjadi duri dalam karir sepak bolanya akhirnya terbayar 22 tahun kemudian setelah Inggris menang adu pinalti melawan Kolombia kemarin. Sebuah hutang yang dibayar lunas oleh Southgate saat menjadi pelatih Three Lions.

Kembali ke topik, bahwa kemenangan Inggris atas Spanyol di Piala Eropa sering dilupakan oleh media dan pencinta sepak bola yang menganggap Inggris tak pernah menang di babak adu pinalti. Namun arikel ini mengingatkan kembali bahwa Inggris juga pernah menang adu pinalti di turnamen besar.

Cuplikan pertandingan Inggris Vs Spanyol di Euro 1996 bisa kamu lihat pada link berikut ini:youtube.com/watch?v=yGn_ljpRpgI