Sudoku adalah sebuah permainan teka-teki logika dalam menempatkan angka. Karena itu sudoku juga sering disebut sebagai Number Placeatau di Jepang disebut sebagai Nanpure(singkatan dari Nanbaa Pureesu). Nama Sudoku pun merupakan akronim dari bahasa Jepang, Suuji wa dokushin ni kagiru yang artinya adalah setiap angkanya harus tunggal.

Cara bermain sudoku ini adalah dengan mengisikan angka 1 sampai 9 pada kotak-kotak 99 yang terdiri dari 9 blok 3x3 tanpa ada angka yang berulang. Jadi, pada setiap baris, kolom, dan blok akan terisi angka 1 hingga 9 tanpa ada angka yang sama/dobel.

Nah, ngomong-ngomong tentang sudoku, ternyata sudoku itu banyak jenisnya lho. Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah tahu. Tapi kalau kamu belum tahu atau ingin mencoba yang baru, berikut ini jenis sudoku yang bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luangmu.

1. Sudoku Klasik

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: grantbartel.com

Ini adalah jenis sudoku yang umum atau paling sering dimainkan. Kamu hanya perlu mengisikan angka 1-9 pada baris, kolom, dan blok tepat satu digit. Dan tentunya tidak boleh ada angka yang sama dalam satu baris, kolom, atau blok 33 tersebut. Kalau sudah paham aturan bermainnya, menyelesaikan sudoku ini bukan perkara sulit lagi deh.

2. Mini Sudoku

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: neverendingbooks.org

Dari namanya saja bisa ditebak kalau ini adalah versi kecil sudoku. Pada sudoku ini angka yang digunakan hanya angka 1-6 atau 1-4. Itu tak lepas dari gridnya yang lebih sedikit, hanya 66 atau 44 saja. Mungkin, ini adalah jenis sudoku yang termudah untuk diselesaikan.

3. Nonomino (Jigsaw Sudoku)

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: en.wikipedia.org/wiki/Sudoku

Cara bermainnya sama saja dengan sudoku klasik. Yang membedakan adalah bentuk blok pada sudoku ini. Jika pada sudoku klasik, blok atau grid 33 biasanya berbentuk persegi, pada nonomino ini bentuk bloknya seperti potongan jigsaw puzzle.

4. Sudoku Alfabet

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: en.wikipedia.org/wiki/Sudoku

Sudoku jenis ini menggunakan huruf-huruf (alfabet) untuk mengisinya. Cara bermainnya pun masih sama seperti sudoku klasik. Sudoku jenis ini sering juga disebut sebagai Wordoku. Karena jika semua kotaknya sudah terisi akan tampak sebuah kata (word) yang utuh.

5. Kaodoku

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: en.wikipedia.org/wiki/Sudoku

Kalau kamu bosan mengisi sudoku dengan angka, mungkin kamu bisa mencoba kaodoku. Dalam kaodoku ini kamu harus mengisi kotak-kotaknya dengan berbagai ekspresi wajah seperti emoji. Tapi, aturan mainnya masih tetap sama. Jadi, kamu hanya boleh mengisi dengan sembilan ekspresi wajah yang tersedia saja. Kaodoku ini berasal dari kata "kao" (bahasa Jepang) yang berarti wajah.

6. Twin Sudoku

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: knightfeatures.com

Dalam sudoku jenis ini terdapat 2 buah sudoku dengan grid 99, dengan satu atau beberapa blok 33 yang saling tumpang tindih. Blok yang tumpang tindih tersebut harus memenuhi aturan pada kedua sudoku. Untuk menyelesaikan sudoku ini perlu ketelitian tinggi karena kedua sudoku saling berkaitan. Bahkan pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi, kedua sudoku baru dapat diselesaikan jika sebagian kotak pada salah satu sudoku sudah terisi.

7. Hyper Sudoku

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: en.wikipedia.org/wiki/Sudoku

Sudoku jenis ini hampir sama dengan sudoku klasik. Bedanya, pada sudoku ini terdapat 4 buah blok tambahan di bagian tengah (dan biasanya berbeda warna). Jadi, angka-angka yang terdapat di blok tambahan ini pun tidak boleh ada yang sama. Hyper sudoku ini juga sering disebut windoku, karena polanya yang mirip dengan jendela (window).

8. Killer Sudoku

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: en.wikipedia.org/wiki/Sudoku

Ini adalah gabungan antara Sudoku dan Kakuro. Pada dasarnya, aturan bermain sudoku jenis ini sama saja dengan sudoku klasik. Tapi aturan bermain Kakuro pun juga diterapkan pada sudoku jenis ini.

Kalau pada sudoku klasik, kita akan melihat beberapa kotak yang sudah terisi angka. Nah, kalau pada killer sudoku ini, kita tidak akan melihat kotak yang sudah terisi. Petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan killer sudoku ini adalah angka-angka kecil yang terdapat pada sebagian kotak. Angka-angka kecil itu adalah hasil penjumlahan angka-angka yang mungkin terdapat pada kotak-kotak yang berwarna sama (pada versi sudoku hitam-putih menggunakan garis putus-putus). Misalnya saja, angka 3 kecil di kotak berwarna kuning yang merupakan hasil penjumlahan angka 1 dan 2. Begitupun dengan angka-angka kecil yang lain.

9. Samurai Sudoku

9 Jenis Sudoku yang mungkin belum kamu tahu

foto: djape.net

Pada sudoku jenis ini terdapat 5 buah sudoku dengan grid 99. Dan seperti twin sudoku, di sini juga ada blok 33 yang saling tumpang tindih tapi dengan jumlah yang lebih banyak yaitu 4 blok. Dinamakan Samurai Sudoku karena bentuknya mirip dengan topi samurai.

Itulah beberapa varian dari sudoku. Selain dari jenis-jenis sudoku di atas, masih ada jenis sudoku lain yang merupakan kombinasi dari beberapa jenis sudoku. Misalnya saja, Twin killer sudoku, Twin corresponding sudoku, Samurai killer sudoku, atau versi yang lebih besar seperti Giant Sudoku.

Mengisi sudoku bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin melatih atau meningkatkan kemampuan logikamu. Dan dengan mengetahui bermacam-macam sudoku, kini kamu punya banyak pilihan untuk bermain sudoku. Nah, dari semua jenis sudoku di atas, adakah yang membuatmu tertarik?