Foundation atau alas bedak yang sering disingkat foundie merupakan benda wajib bagi para kaum hawa untuk dapat terlihat flawless. Bahkan, beberapa wanita memang merasa tidak percaya diri dengan kulitnya sebelum menggunakan foundation, karena foundation membuat penampilan kulit terlihat sempurna. Pemilihan foundation disarankan harus sesuai dengan jenis kulit. Nah jenis jenis foundation diantaranya :

1. Liquid foundation

4 Jenis foundation yang mampu tutupi kekurangan wajahmu

Foundation ini memiliki tekstur cair sesuai namanya. Foundation ini mempunyai 2 jenis yaitu foundation yang mempunyai komposisi air dan foundation yang mempunyai komposisi minyak. Foundation yang berbahan air cocok untuk kulit yang berminyak dan foundation berbahan minyak cocok untuk kulit kering.

Kesalahan wanita dalam memilih foundation adalah mereka seringkali tidak melihat komposisi dari foundation tersebut. Seseorang yang memiliki kulit berminyak malah menggunakan foundation berbahan dasar minyak. Hal ini tentu saja malah membuat wajah sangat berminyak dan membuat penampilan jadi cakey. Bila sudah seperti ini tentu wajah menjadi terlhat kurang baik dan membuat kepercayaan diri menjadi berkurang.

Untuk mengakali hal ini, disarankan untuk wanita yang terlanjur mempunyai foundation yang berbahan dasar minyak harus membubuhkan bedak tabur sesudah menggunakan foundation. Sehingga minyak di wajah akan berkurang.

2. Creamy foundation

4 Jenis foundation yang mampu tutupi kekurangan wajahmu

Sesuai namanya, foundation ini memang memiliki tekstur yang sedikit padat atau krim. Sebaiknya foundation ini digunakan untuk pemilik kulit wajah normal, karena bila memiliki wajah yang kering akan sedikit susah pengaplikasiannya dan bahkan foundation akan cepat mengering sebelum diratakan di wajah. Keuntungan dari creamy foundation adalah dapat menyamarkan garis garis halus dan kerutan pada wajah sehingga wajah akan terlihat makin sempurna. Creamy foundation sangat cocok untuk wanita dewasa yang ingin menyembunyikan penuaan pada wajah dan membuat wajah menjadi halus.

3. Stick foundation

4 Jenis foundation yang mampu tutupi kekurangan wajahmu

Stick foundation memiliki bentuk seperti stik. Stick foundation ini digunakan untuk menyembunyikan garis halus dan kekurangan pada wajah. Foundation ini seringkali disebut concealer. Penggunaannya cukup hanya untuk daerah daerah seperti bawah mata dan kerutan.

Sebaiknya foundation ini digunakan untuk pemilik wajah berminyak dan normal. Foundation ini juga bisa menyembunyikan bekas jerawat di wajah. Pemilihan stick foundation tentu harus satu tingkat lebih gelap dari warna asli kulit wajah, karena wajah akan terlihat kurang sempurna bila warnanya terlalu terang dan warnanya dapat sangat berbeda dari kulit leher.

4. Compact foundation

4 Jenis foundation yang mampu tutupi kekurangan wajahmu

Foundation ini berbentuk padat dan merupakan penggabungan antara bedak dan foundation. Compact foundation cocok untuk semua jenis kulit. Beberapa compact foundation juga bisa digunakan dengan spons basah yang disebut two way cake. Fungsinya sama seperti liquid foundation.

Sebaiknya penggunaan compact foundation digunakan dengan spons basah karena akan membuat penampilan lebih tahan lama. Untuk yang memiliki wajah berminyak tentu setelah penggunaan compact foundation bisa dibubuhkan bedak tabur untuk mengurangi minyak.