Sejak kecil kita terbiasa diajari bahwa tubuh kita memiliki 5 indra atau biasa disebut panca indra yang terdiri dari indra penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan peraba. Menariknya, hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa manusia sebenarnya memiliki 9 indra. Lantas apa saja keempat indra tambahan yang jarang kita sadari tersebut?

1. Indra keenam,Thermoception (Perasa Suhu).

Tak hanya panca indra, ternyata kita juga punya 4 indra ini

Indra keenam ini bukan berarti kita memiliki kemampuan lebih yang biasa disebut dengan indigo. Indera keenam atau yang disebut dengan Thermoception merupakan indra yang berfungsi untuk merasakan panas dan dingin. Indra ini memungkinkan kita untuk merasakan temperatur dari benda apapun. Thermoception ini dikendalikan oleh neuron khusus yang ada di otak kita.

2. Indra ketujuh, Proprioception (Kesadaran Tubuh).

Tak hanya panca indra, ternyata kita juga punya 4 indra ini

Indra ini berfungsi untuk merasakan dimana bagian tubuh kita berada tanpa harus melihat. Sebagai contoh jika kita menutup mata dan mengangkat tangan, kita akan tahu di mana tangan kita berada tanpa harus melihat. Indra ini sangat penting karena dengan kemampuan yang dimiliki oleh indra Proprioception ini, maka kita dapat berjalan kaki tanpa melihat kaki, naik turun tangga tanpa melihat langkah kaki kita dan menggunakan kacamata tepat pada bagian hidung tanpa harus melihat.

3. Indera kedelapan, Nociception (Rasa Sakit).

Tak hanya panca indra, ternyata kita juga punya 4 indra ini

Nociceptionadalahresponsistem sarafsensorikterhadap rangsangan berbahaya atau rangsangan yangberpotensi membahayakan. Rangsangan ini dikendalikan oleh nociceptor. Adatiga bagian yang diatur yaitu respon terhadap bahan kimia (misalnya, terkena bubuk cabai di mata), mekanik (seperti tersayat, terpukul), atau temperatur (panas dan dingin).

4. Indera kesembilan, Equilibrioception (Keseimbangan).

Tak hanya panca indra, ternyata kita juga punya 4 indra ini

Indra ini memastikan kita dapat berjalan tanpa terjatuh. Equilibrioception diatur oleh cairan di telinga bagian dalam. Indra ini bekerja sama dengan indra penglihatan untuk membantu kita bergerak dengan aman tanpa terjatuh. Jika kamu berputar berulang-ulang, pusat sistem keseimbangan yang terletak di telinga ini akan terganggu, sehingga kamu akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh.