Publik tanah air belum lama ini dibuat heboh oleh kabar meninggalnya Adara Taista menantu dari Hatta Rajasa mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang meninggal dunia didiagnosis karena kanker kulit melanoma yang mematikan, lalu sebenarnya apa kanker melanoma itu dan apa sajakah gejala-gejala seseorang sudah terinfeksi kanker melanoma berikut informasi mengenai kanker melanoma.

Apa Kanker Kulit Melanoma itu?

Kanker kulit melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin inilah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculantahi lalatbaru atau perubahan padatahi lalatyang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum ataugejalamelanoma. Hal ini bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kemunculannya adalah: wajah, tangan, punggung, dan kaki.

Waspadai tahi lalat tak normal, bisa jadi tanda kanker kulit Melanoma

Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih dari satu warna. Tahi lalat yang terserang melanoma bisa terasa gatal dan bisa mengalami pendarahan, selain itu, ukurannya juga bisa melebihi tahi lalat normal. Untuk membedakan antara tahi lalat normal dan melanoma,daftar ABCDEsudah dikembangkan untuk orang-orang.

Perlu diketahui melanoma tidak selalu dimulai dari tahi lalat karena melanoma juga bisa muncul pada kulit yang terlihat normal dan jarang terpapar sinar ultraviolet terkadang melanoma juga bisa muncul di bawah kuku, di mulut, saluran pencernaan, saluran kemih, vagina, atau pada bagian mata.

Waspadai tahi lalat tak normal, bisa jadi tanda kanker kulit Melanoma

Gejala Kanker Melanoma

Gejala kanker kulit melanoma seringkali ditandai dengan munculnyatahi lalatbaru atau ketika terjadi perubahan bentuk dari tahi lalat yang lama. Bentuk tahi lalat normal biasanya memiliki satu warna, berbentuk bulat atau oval, dan berdiameter kurang dari 6 milimeter sedangkan melanoma biasanya memiliki ciri-ciri:

> Memiliki lebih dari satu warna
> Bentuknya tidak beraturan
> Diameternya lebih besar dari 6 mm
> Terasa gatal dan bisa berdarah

Dengan daftar ABCDE bisa dibedakantahi lalatnormal dengan kanker melanoma, daftar ABCDE dimaksud adalah:

A (asymmetrical) asimetris: melanoma memiliki bentuk tidak beraturan dan tidak bisa dibagi dua sama rata
B (border) pinggiran: melanoma memiliki pinggiran yang tidak rata dan kasar, berbeda dengan tahi lalat normal
C (colour) warna: melanoma biasanya campuran dari dua atau tiga warna
D (diameter) diameter: melanoma biasanya berdiameter lebih besar dari 6 milimeter, dan berbeda dari tahi lalat biasa
E (enlargement or evolution) pembesaran atau evolusi: tahi lalat yang berubah bentuk dan ukuran setelah beberapa lama biasanya akan menjadi melanoma

Waspadai tahi lalat tak normal, bisa jadi tanda kanker kulit Melanoma

Pencegahan Kanker Melanoma

> Pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindarkan kulit dari paparan langsung sinar matahari dalam waktu lama.
> Memeriksa Kondisi Tahi Lalat.
> Hindari Sinar Matahari Ketika di Puncak Terpanas (pukl 10.00-14.00).
> Berpakaian dengan Benar untuk melindungi Anda dari sinar matahari.
> Gunakan Tabir Surya disarankan dengan kadar SPF (faktor pelindung sinar matahari) minimal 15.
> Hindarisinarultravioletbuatan, sinar ultraviolet buatan bisa lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet alami yang berasal dari matahari karena sinar UV buatan menggunakan sumber radiasi sinar ultraviolet yang terkonsentrasi radiasi sinar UV ini bisa meningkatkan risiko berkembangnya melanoma.