Makan sahur merupakan salah satu faktor penting yang membuat tubuh kita bisa menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam berpuasa. Bukan sekadar asal-asalan, namun menu makanan untuk sahur perlu diperhatikan dan diperhitungkan.

Karena waktu sahur adalah dini hari, bukan berarti sajian makanan asal-asalan yang penting kenyang bisa dibenarkan. Tubuh kita memerlukan nutrisi yang cukup, agar bisa bertahan dari mulai pagi hingga senja.

Asupan karbohidrat, vitamin dan protein harus bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh. Banyak yang kurang memperhatikan menu sahur yang akan disantap, sehingga ketika siang hari, muncul berbagai macam gangguan, seperti rasa sakit pada perut, dahaga di tenggorokan atau nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, berikut ini ada beberapa menu atau makanan yang berbahaya jika disantap saat sahur.

1. Makanan dengan rasa asin yang kuat.

4 Makanan ini baiknya kamu hindari saat sahur

Foto: patrika.com

Makanan dengan rasa asin yang kuat sebaiknya dihindari saat sahur. Tentu kita sudah sama-sama tahu bahwa makanan asin dapat menyebabkan hipertensi. Selain itu jenis makanan ini juga bisa menimbulkan rasa haus. Rasa asin memang perlu agar makanan menjadi gurih, namun juga tak boleh berlebihan.

2. Makanan dengan lemak tinggi.

4 Makanan ini baiknya kamu hindari saat sahur

Foto: makassar.tribunnews.com

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi bisa melambatkan proses pengosongan perut, sehingga dapat memicu munculnya sembelit. Selain itu, jenis makanan ini juga bisa mempercepat proses pencernaan yang menyebabkan munculnya diare.

Meski demikian, tak serta merta semua makanan berlemak menyebabkan kedua gangguan tersebut. Jenis dan kadar lemak yang tinggilah yang memicu munculnya gangguan-gangguan pencernaan tersebut.

Jika ingin mengkonsumsi sayur atau lauk saat sahur, maka upayakan jangan diolah dalam bentuk makanan yang mengandung lemak.

3. Mie instan.

4 Makanan ini baiknya kamu hindari saat sahur

Foto: tanyoe.com

Banyak orang yang menganggap terlalu repot untuk menyiapkan olahan makanan sahur. Hal ini menjadikan mereka memilih makan-makanan cepat saji seperti mie instan sebagai menu sahur. Padahal, kandungan nutrisi pada mie instan sangat minim. Justru mie instan lebih banyak mengandung garam sehingga memicu munculnya rasa haus di siang hari. Oleh sebab itu, makanan yang satu ini harus dihindari saat sahur.

4. Makanan pedas.

4 Makanan ini baiknya kamu hindari saat sahur

Foto: agrowindo.com

Makanan dengan rasa pedas juga bisa menimbulkan rasa haus di siang hari. Lebih dari itu, kadar asam lambung pun jadi meningkat. Oleh sebab itu, makanan pedas bisa menyebabkan rasa nyeri dan sakit perut. Tentunya hal ini bisa mengganggu ibadah puasa yang dijalankan.