Terkadang kita bisa mendapat jajan Lebaran begitu banyak, entah pemberian maupun bentuk THR. Kemasan jajan Lebaran umum nya dalam bentuk kaleng alumunium dan plastik. Dan saat Lebaran usai ada beberapa wadah yang dimanfaatkan seperti untuk wadah garam, gula, maupun bumbu dapur lainnya. Bagaimana dengan sisanya? Tak jarang kita langsung membuang atau menjualnya sebagai rongsokan.

Buat kamuyang kebetulan Lebaran ini dapat jajan kalengan dan stoples plastik banyak, coba manfaatkan menjadi barang barang berikut. Kegiatan ini bisa untuk mengisi waktu dan mengasah kekreatifan, lho.

1. Wadah jajan kalengan bisa digunakan untuk wadah keripik dan kerupuk karena tutupnya cenderung lebih rapat daripada stoples plastik.

Mungkin beberapa dari kamu sudah banyak yang memanfaatkan kalengan sisa Lebaran untuk hal ini. Selain tak perlu membeli, wadah kaleng sisa jajan Lebaran biasanya anti karat karena ada campuran alumuniumnya. Tapi untuk beberapa orang mungkin tidak estetis. Kamu bisa membuatnya lebih cantik dengan mengecatnya dulu, dijamin pasti gak bakal ada yang menyangka jika itu adalah kaleng sisa Lebaran.

2. Sebagai pot tanaman hias.

Buat kamu yang suka menanam, hal ini bakalan menyelamatkan bujet. Kamu tak perlu membeli pot banyak-banyak untuk tanaman. Baik stoples plastik maupun wadah kalengan aluminium bisa dimanfaatkan menjadi pot. Ukurannya bisa dibilang pas untuk tanaman hias.

Caranya sangat mudah, kamu cukup melubangi beberapa sisi samping dan bawah agar airnya tidak mengendap di dalam. Kamu bisa melubanginya dengan cara dibor maupun pakai paku yang dipanaskan. Akan lebih cantik lagi jika kamu mengecatnya agar lebih eye catching. Untuk stoples yang kecil kamu bisa memanfaatkan sebagai pot gantung maupun diletakkan di sisi ruangan.

3. Sebagai wadah peralatan mandi anak kos

Buat anak kos yang kebetulan wadah peralatan mandinya sudah rusak, bisa nih memanfaatkan stoples plastik sisaLebaran sebagai wadah. Hampir mirip dengan pot, lubangi sisi bagian bawah agar airnya cepat tiris dan tambahkan tali jika dirasa perlu. Ada baiknya pilih stoples plastik warna bening atau warna polosan, ya. Dijamin jarang orang yang menyadari kalau wadah tersebut merupakan stoples sisa Lebaran.

4. Wadah alat tulis dan alat make up.

Buat kamu yang suka menggambar dan melukis, bisa nih memanfaatkan stoples plastik dan kalengan sisa Lebaran buat wadah spidol dan kuas. Jangan lupa cat dulu dan hias biar eye catching. Buat penggemar make up, kamu bisa memanfaatkan stoples plastik sebagai wadah brush, sponge, lem bulu mata, dan alat make up lainnya. Kamu bisa mengakali tampilannya dengan menutupinya menggunakan kain flanel maupun kain baju yang tidak terpakai lalu rekatkan dengan lem tembak.

5. Wadah palet lukis dengan tutup stoples dan tutup botol bekas.

Buat kamu yang sering kehilangan maupun rusak palet lukisnya, bisa coba membuat palet sendiri dengan tutup stoples maupun tutup kaleng jajan Lebaran dan tutup botol. Jangan lupa siapkan lem tembak maupun perekat yang memungkinkan tutupnya merekat pada tutup plastik maupun alumunium. Siapkan lima atau lebih tutup botol dengan ukuran yang agak lebar, kasih lem tembak maupun perekat, lalu rekatkan pada tutup stoples maupun alumunium. Jangan upa kasih jarak. Palet hand madepun siap digunakan.