1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Creator
Irsya Dunnas 15 September 2017 12:21

4 Rudal balistik Korea Utara ini kekuatannya bombastis banget

Jangan bikin kim jong-un baperan ya

Pemimpin korea utara yang satu ini memang penuh kontroversi. Sejumlah kebijakan dalam dan luar negerinya disebut akan mengancam stabilitas dunia jika dibiarkan.

Walau sudah diperingatkan PBB tentang bahaya uji coba rudal korea utara, kim jong-un tak pernah menggubris. Bahkan ia balik menantang, siapapun yang berani menentang kebijakannya.

Kim sangat bernafsu ingin menguasai semenanjung korea, hingga membuat negara-negara disekitarnya seperti korea selatan dan jepang protes.

Pemimpin diktator yang jauh lebih ganas dibanding mendiang ayahnya kim jong-il ini, lebih memilih memperkuat basis militernya, ketimbang memikirkan kesejahteraan rakyat korea utara yang hidup dalm kemiskinan dan kelaparan. Tak jarang kim berlaku kejam kepada siapa pun, termasuk kerabat dekatnya yang di eksekusi mati karena dituding kim akan berkhianat.

Berikut tampilan rudal balistik milik korea utara, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hwasong-12

via getty images

Militer korea utara mengklaim rudal ini mampu membawa hulu ledak nuklir. Mulai diperkenalkan sejak mei 2017 lalu, rudal ini mampu meluncur sampai ketinggian 2000 km, dengan jangkaun hingga 700 km.

Namun para pejabat dewan keamanan PBB menyebut, rudal ini lebih dasyat dari yang disampaikan para pejabat militer korea utara.

2. Pukkuksong-2

via russia today

Rudal ini berjenis submarine launch ballistic missile (SLBM), yang mampu menjelajahi antar benua, dan bisa diluncurkan melalui kapal selam.

Diperkenalkan saat parade militer di pyongyang bulan april 2017 lalu, pihak militer korea utara mengklaim kemampuan rudal ini bisa mencapai samudera pasifik, dengan daya ledak hebat.

3. Hwasong-14

via reuters

Hwasong-14 adalah pengembangan dari rudal balistik sebelumnya yang bernama hwasong-12.

David Wright, Direktur Program Keamanan Global untuk Union of Concerned Scientists, memperkirakan bahwa rudal itu memiliki jangkauan maksimum sekitar 4.160 mil (sekitar 6.700 kilometer).

Begitu dasyatnya ancaman rudal ini, sampai memicu ketegangan di semenanjung korea.

4. Mars 12

via news crab

Rudal balistik ini disebut Mars 12 dengan kemampuan peluncuran ICBM (peluru kendali balistik antar benua). Diklaim mampu menjelajah hingga samudera pasifik, dengan jarak tempuh 7000 km.

Nah itulah rudal balistik yang dimiliki militer korea utara. Ada yang menyebut, kim jong-un merahasiakan rudal balistik lain yang tidak dipublikasikan.

 

YOU MAY ALSO LIKE

Kenapa Melamun Itu Penting?
Kamu masih sering melamun nggak nih? Simak selengkapnya di video Brilio.net berikut.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

4 Rudal balistik Korea Utara ini kekuatannya bombastis banget.
Jangan bikin kim jong-un baperan ya
https://www.brilio.net/creator/jangan-bikin-kim-jong-un-marah-kalau-ga-mau-negara-lo-di-rudal-begini-tampilan-rudal-balistik-milik-korea-utara-091589.html
SEND

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?