Kenyamanan penggunaan bra bagi para wanita merupakan hal krusial. Salah-salah menggunakan jenis untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari yang justru memberikan rasa sakit dan tidak nyaman seharian.

Padahal, pemilihan bra yang tepat sesuai kebutuhan tubuh memiliki caranya sendiri lho! Bagaimanakah cara memilih bra yang sesuai? Berikut caramemilih bra yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Ketahui ukurankamu

Berdasarkan informasi dariStylecraze.com, kamu harus terlebih dahulu mengetahui ukuran kamu untuk setiap jenis bra. Kamu harus mengenali ukuran lingkar tubuh kamu sendiri agar mendapatkan bra yang nyaman untuk dikenakan. Ukuran lingkar tubuh didefinisikan dalam bentuk angka, sedangkan ukuran cup bra ditentukan dengan alphabet.

Gunakan meteran kain, lalu lingkarkan pada bagian dada kamu melintasi kedua payudara kamu. Pastikan gunakan ukuran inchi agar sesuai dengan ukuran bra. Misalnya, ukuran ada 34D, maka 34 menunjukkan berapa inci lingkar dada kamu, dan alfabet D menunjukkan ukuran cup kamu.


2. Ukuran cup yang tepat

Penggunaan bra dengan ukuran cup yang tepat membuat pergerakan kamu tidak terganggu oleh gerakan payudara. Cup yang tepat akan membuat payudara kamu lebih terangkat, bukan menekan payudara. Posisi tersebut baik bagi bentuk tubuh kamu karena mampu memberikan kekuatan pada torso dan keseimbangan.

Kamu dapat mengukur sendiri ukuran cup kamu dengan melekatkan perekat (selotip) ke bagian payudara Anda yang paling tebal, biasanya letaknya sesuai dengan puting. Lalu lepas dan ukur berapa panjang perekat. Bulatkan ukuran mendekati dengan ukuran cup bra yang dijual.


3. Kawat atau Tidak Berkawat

Cara memilih bra yang tepat selanjutnya dengan perhatikan kawat atau tidak berkawat. kamu tentu bingung untuk memilih jenis bra yang berkawat atau tidak. Biasanya, pemilik payudara yang tidak terlalu besar lebih nyaman menggunakan bra tanpa kawat, atau biasanya bra ini dikenal dengan soft bra. Jika kamu menggunakan bra berkawat, pastikan kawat tersebut benar-benar menopang payudara kamu, dan tidak ikut bergerak atau bergoyang ketika kamu bergerak. Jika kawat justru menindih payudara kamu saat bergerak, maka kamu menggunakan ukuran yang salah.


4. Strap yang dapat disesuaikan

Jika cup berguna untuk menopang payudara dalam bentuk mangkok, makakamu juga harus memperhatikan penopang yang melintasi bahu kamu. Terlebih lagi, jika kamu memiliki aktivitas yang mengharuskan kamu bergerak banyak. Strap yang terlalu ketat dapat membuat bra terangkat dan tidak berada posisi yang pas. Bahkan tidak menutup kemungkinan strap yang terlalu kencang dapat membuat kulit memerah dan lecet.


5.Bahan yang menyerap keringat

Memakai bra sama saja seperti menggunakan pakaian lainnya. Pilih bahan yang dapat menyerap keringat kamu. Kamu tentu tidak ingin pakaian ikut basah bukan?


6. Pemilihan warna

Cara memilih bra terakhir dengan pemilihan warna yang tepat.Kamubisa menyesuaikan warna bra dengan pakaian kamu. Misalnya, gunakan bra dengan warna nude ketika menggunakan kaus berwarna putih. Kamu juga bisa memilih strap bra yang sesuai dengan warna pakaian jika ingin menunjukkan estetika. Jika kamu memiliki banyak pakaian tanpa lengan, paling aman adalah menggunakan warna hitam yang mirip dengan kaus dalam.

Penggunaan bra yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh kamu biasanya membuat usia bra kamu menjadi lebih panjang. Kamu juga perlu memerhatikan bahan dan cara mencucinya. Bila bra kamu berkawat, jangan gunakan mesin cuci agar tidak membuat kawat besi tersebut menjadi bengkok. Gunakan sabun pencuci yang lembut untuk membuat bahan lebih tahan lama.

Itu tadi mengenai cara memilih bra yang sesuai. Semoga bermanfaat!