Uang, uang dan uang. Mungkin benda yang satu ini, adalah suatu barang yang paling dicari orang dari zaman dahulu sampai sekarang. Semua kebutuhan manusia, pasti memerlukan benda yang satu ini. Mulai dari kebutuhan pokok, sandang dan lainnya pasti memerlukan uang.

Menurut bahan pembuatannya, uang dibagi menjadi 2, uang kertas dan logam. Anda tentunya tahu, uang logam dibuat dari berbagai mineral yang ditempa sedemikian rupa dengan motif dan bentuk tokoh-tokoh negara beserta nominalnya. Lalu, apakah bahan yang digunakan untuk membuat uang kertas?

Inilah bahan baku uang Dollar AS, ternyata berasal dari Indonesia

Bahan yang digunakan untuk membuat uang kertas rupiah adalah kapas, jadi anda tidak perlu cemas apabila uang anda terendam air. Namun untuk mata uang yang paling terkenal saat ini, Dollar Amerika, ternyata bahan pembuatannya berasal dari pohon pisang.

Inilah bahan baku uang Dollar AS, ternyata berasal dari Indonesia

Namun, pohon pisang yang digunakan bukan pohon pisang biasa. Pohon pisang yang digunakan adalah jenis pisang Abaka. Bagian yang digunakan dalam pembuatan uang dollar, adalah serat lembut nan kuat yang ada dalam pohon pisang.

Pisang Abaka, berasal dari negeri tetangga, Filipiina. Tapi ternyata pisang yang satu ini juga dapat tumbuh subur di negara kita, Indonesia. Pisang Abaka ini, dapat anda temukan di Desa Esang, Kecamatan Esang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Inilah bahan baku uang Dollar AS, ternyata berasal dari Indonesia

Kita juga harus berbangga, bahwa produksi serat abaka negara kita, adalah terbaik kedua dalam segi kualitas dan kuantitas di dunia. Produksi serat abaka kita, juga ternyata terbesar kedua di dunia setelah Filipina.