×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 8 jenis hewan pengerat, mulai dari yang ngeselin sampai gemesin

0

N/A

Inilah 8 jenis hewan pengerat, mulai dari yang ngeselin sampai gemesin

Foto: Katherine McAdoo on Unsplash

Mereka disebut sebagai hewan pengerat karena memiliki ciri unik, yakni gigi depan yang selalu tumbuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erin

23 / 03 / 2020 15:48

Hewan pengerat atau Rodentia merupakan hewan herbivora atau vertebrata omnívora dengan jumlah bilangan lebih dari 2000 spesies di dunia. Hewan pengerat memiliki ciri khas, yaitu tungkai yang berjumlah empat, tubuh yang ditutupi rambut, dan gigi seri yang tajam.

Mengapa jenis-jenis hewan berikut ini disebut dengan hewan 'pengerat'? Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki ciri unik, yakni gigi depan yang selalu tumbuh. Maka dari itu, hewan pengerat biasanya mengasah giginya dengan menggerogoti sesuatu, mulai dari makanan sampai yang paling ekstrem perabotan rumah. Menyebalkan, ya.

Lalu, hewan-hewan apa saja ya yang termasuk ke dalam jenis hewan pengerat? Langsung disimak, ya.

1. Tikus.

Hewan Pengerat

Loading...

Yang pertama adalah tikus. Tikus termasuk ke dalam jenis Rodentia Omnivora yang ditandai dengan kepandaiannya. Tikus menjadi binatang yang dapat menularkan virus dan bakteri tertentu pada manusia. Tikus merupakan mamalia berekor panjang yang sangat rakus dan cepat beranak. Tikus merupakan jenis Rodentia yang cenderung merugikan.

2. Jerboa.

Hewan Pengerat

Jerboa merupakan Rodentia yang hidup di daerah padang Asia dan Afrika. Jerboa memiliki tubuh yang kecil dan telinga yang panjang dan lebar. Bahkan telinga Jerboa disebut sebagai telinga mamalia terbesar jika dibandingkan dengan dengan ukuran tubuhnya. Telinga Jerboa memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu tubuhnya sebab Jerboa tinggal di daerah panas dan gersang. Jerboa beradaptasi dengan berlompat dan mampu bertahan tanpa minum air.

3. Hamster.

Hewan Pengerat

Hamster merupakan rodentia dari stepa Eurasia. Hewan ini biasanya menyimpan makanan dalam kantung pipi. Hamster sering juga dijadikan hewan peliharaan oleh manusia sebab memiliki bentuk yang lucu. Tidak hanya dijadikan hewan peliharaan, Hamster kerap juga dijadikan sebagai hewan percobaan di laboratorium.

4. Guinea Pig (Tikus Belanda).

Hewan Pengerat

Guinea Pig merupakan rodentia asli asal Amerika Selatan. Guinea Pig sekilas memiliki rupa yang mirip dengan Marmot tetapi tetap berbeda, kok. Guinea Pig memiliki dahi yang agak menonjol dan telinganya tidak berdiri. Guinea Pig kadang-kadang dipelihara namun umumnya lebih sering digunakan dalam percobaan di laboratorium.

5. Tupai.

Hewan Pengerat

Tupai termasuk dalam Rodentia vegetarian yang tinggal di pohon dan hutan hampir di seluruh dunia, kecuali Australia. Tupai memiliki rupa yang sekilas mirip dengan Bajing. Garis keluarga Tupai dan Bajing pun berbeda. Tupai masuk dalam garis keluarga Tupaiidae sedangkan Bajing masuk dalam garis keluarga Scuiridae. Tupai memiliki ciri khas, yakni bergerak dengan melompat dari pohon ke pohon.

6. Marmot.

Hewan Pengerat

Rodentia ini berasal dari belahan bumi bagian Utara. Seperti yang telah disebutkan tadi, Marmot memiliki rupa yang mirip dengan Guinea Pig. Marmot memiliki ciri khas, yakni sangat menyukai bulunya. Marmot biasanya tidur di musim dingin selama enam bulan dalam setahun. Bila terancam, Marmot Tanah akan bersiul dengan nada tinggi.

7. Berang-berang.

Hewan Pengerat

Berang-berang merupakan rodentia amfibi yang berasal dari Eurasia dan Amerika Utara. Berang-berang adalah mamalia pemakan daging. Berang-berang akan menggunakan cabang untuk membangun pondok dan bendungan di sungai. Memiliki banyak keunikan, berang-berang dikenal sebagai hewan yang menggemaskan, cerdas, dan berjiwa sosial. Penelitian mengungkapkan bahwa berang-berang memiliki sifat penyayang, khususnya sayang dengan keluarga. Lucu banget, kan.

8. Landak.

Hewan Pengerat

Landak merupakan Rodentia yang dapat ditemukan di daerah Asia, Afrika, Amerika, dan kawasan-kawasan tropika lainnya. Landak termasuk memiliki bentuk tubuh yang besar dalam jajaran hewan-hewan Pengerat lainnya sama seperti Berang-berang. Landak memiliki ciri khas, yakni rambut yang tebal yang berbentuk duri tajam. Landak secara umum adalah hewan Herbivora yang memakan daun, batang, dan kulit kayu.

Nah, itulah delapan hewan yang termasuk dalam golongan pangerat atau rodentia. Manakah dari delapan hewan di atas yang kamu pelihara, nih? Adakah dari kamu yang juga memelihara tikus?

Terima kasih ya telah membaca artikel ini. Salam hangat!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red