×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

0

N/A

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Masing-masing mie punya cita rasa unik dan khas yang bakal bikin kamu ketagihan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

31 / 08 / 2018 09:53

Mie dipercaya berasal sejak ribuan tahun lalu dari daratan China, dan kini telah menyebar ke seluruh dunia dengan beraneka bentuk, rasa, jenis dan bahan dasar pembuatannya. Di Indonesia sendiri, saat ini hampir setiap daerah memiliki olahan mie yang unik dan khas. Olahan-olahan mie ini bahkan telah menjadi ikon kuliner khas dari daerah-daerah tersebut.

Keragaman bumbu dan rempah yang dimiliki kuliner nusantara telah menjadikan mie dapat dibuat dengan bermacam variasi yang sangat kaya. Buat kamu yang hobi kuliner dan traveling, tak ada salahnya untuk berkeliling nusantara dan mencicipi berbagai olahan mie dari kota-kota yang ada di Indonesia.

Nah, berikut ini 7 kuliner mie yang khas dari berbagai kota di Indonesia.

1. Mie Kopyok.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Loading...

Foto: Cookpad

Mie kopyok berasal dari Semarang. Mie kopyok ini cukup sederhana karena menggunakan sedikit bumbu dan nggak menambahkan daging apapun sebagai pelengkap. Isinya berupa mie kuning, potongan lontong, tauge dan tahu pong. Sebagai pelengkap biasanya diberi topping seledri, bawang goreng dan kerupuk gendar atau karak yang sudah diremukkan.

2. Mie Lethek, Bantul.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Foto: Travelling yuk

 

Mie lethek bisa disajikan dalam bentuk digoreng, direbus atau dicampur dengan nasi goreng magelangan. Mie yang memiliki kuah warna coklat ini terbuat dari campuran gaplek (tepung singkong) dan juga campuran tapioka. Tambahannya berupa potongan daging ayam dan telur orak-arik, juga irisan daun bawang.

3. Mie Koclok, Cirebon.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Foto: Foodrooter

Hal pertama yang bikin kamu terkejut saat memakan mie koclok adalah kuahnya. Kuahnya berwarna putih kental seperti bubur. Kuah putihnya ini terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam dan santan sehingga teksturnya cukup kental.

4. Mie Ongklok, Wonosobo.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Foto: Foody.id

Mie ini agak sukar ditemukan di tempat lain selain Wonosobo, lho. Mie ongklok terbuat dari mie kuning dan sayur kol yang sudah direbus, lalu disiram dengan kuah jenang yang terbuat dari tepung kanji. Sebagai tambahannya, ditaburkan daun kucai, bawang goreng dan irisan cabai. Hidangan ini biasa disantap dengan sate sapi berbumbu kacang, tempe kemul dan keripik tahu.

5. Mie Celor Palembang.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Foto: Resep Koki

Mie ini mendapat julukan spaghetti ala Indonesia. Sebab, mienya menggunakan mie kuning, berukuran besar dan berbentuk lurus panjang seperti spaghetti. Kuah mie-nya kental dan gurih karena perpaduan santan, terigu, kuah kaldu udang juga telur di dalamnya. Untuk topping, biasanya ditambahkan potongan telur rebus, daging udang dan bawang goreng. Cita rasa seafood-nya juga sangat terasa di mie celor ini.

6. Mie Aceh.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Foto: Selera rasa

Mie Aceh terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan berbagai bumbu rempah. Untuk topping-nya, diberi tambahan udang, cumi dan daging sapi atau kepiting irisan.

Biasanya juga ditambahkan acar, emping, acar, bawang goreng, jeruk nipis sebagai pelengkap. Tekstur mie-nya kenyal dengan rasa rempah yang kuat dan segar. Ada dua macam jenis mie Aceh, yaitu mie Aceh goreng dan kuah.

7. Mie Lendir, Kepulauan Riau.

Inilah 7 kuliner mie khas Indonesia yang legendaris

Foto: Indonesian Food

 

Mie lendir memiliki kuah berwarna cokelat. Kuah cokelat dari mie Lendir ini terbuat dari bumbu kacang. Mie Lendir disajikan dengan tauge, taburan daun bawang dan bawang goreng. Biasanya, ditambahkan pula telur rebus seperti gambar di atas. Supaya nggak terasa eneg, irisan cabai rawit juga dibubuhkan, membuat rasanya jadi gurih, manis, dan pedas!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red