×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

0

Binatang

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Mulai dari berang-berang yang berpegangan tangan saat tidur hingga jerapah yang dapat berkomunikasi dengan infrasonik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Heni Welson

05 / 05 / 2020 12:25

Kamu pasti merasa sudah tahu semua tentang hewan, namun sepertinya tidak begitu. Misalnya saja fakta bahwa jerapah dapat berkomunikasi dengan infrasonik atau jaguar yang ternyata dapat menggigit cangkang kura-kura.

Berikut ini adalah 15 fakta unik tentang beberapa hewan yang jarang diketahui.

1. Gagak dan merpati ternyata dapat mengingat wajah orang.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Merpati dan gagak dapat mengenali orang dan mengingat wajah mereka. Burung-burung ini juga bisa menunjukkan kebencian dan kemarahan terhadap orang-orang yang agresif dengannya.

Loading...

2. Sapi ternyata lebih berbahaya dari hiu.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui


Sapi membunuh lebih banyak orang daripada hiu setiap tahun. Menurut Pusat Data untuk Pengendalian Penyakit 'WONDER' dan File Serangan Hiu Internasional, dari 2001 hingga 2013, sapi menewaskan 60 orang di AS, sementara hiu hanya membunuh satu orang per tahun.

3. Gigi jaguar bisa menghancurkan cangkang kura-kura dengan gigitannya.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Jaguar berada di urutan ke-3 di antara mamalia yang memiliki kekuatan menggigit paling kuat setelah singa dan harimau menempati posisi ke-1 dan ke-2. Giginya sangat panjang dan rahangnya kuat sehingga bisa menggigit cangkang kura-kura atau tengkorak sapi.

4. Axolotl bahkan dapat menumbuhkan kembali otaknya.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Axolotl adalah jenis salamander yang terkenal karena kemampuannya untuk tumbuh kembali hampir di setiap bagian tubuhnya, mulai dari kaki, lengan, ekor, dan hingga bagian jantung dan otak. Dan regenerasi bagian tubuh bukanlah hal yang paling mengejutkan tentang mereka.

Semua organ dalam tubuh mereka, termasuk mata dapat ditransplantasikan dari satu axolotl ke yang lain tanpa ditolak oleh sistem kekebalan penerima. Pada tahun 1968, para peneliti menunjukkan bahwa mereka dapat memindahkan bahkan kepala dari satu axolotl ke yang lain dan itu akan bekerja dengan baik.

5. Gajah dapat mengenali dirinya di cermin.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

6. Selotip scotch dapat membuat mulut buaya tetap tertutup.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Otot-otot rahang buaya begitu kuat sehingga bisa ditutup dengan kekuatan truk penggerak cepat. Tetapi, meskipun kekuatan kompresi rahang mereka sangat tinggi, otot-otot yang bertanggung jawab untuk pembukaan mulut sangat lemah sehingga mulut buaya dapat tetap tertutup hanya dengan bantuan tanganmu, selotip, atau bahkan karet gelang.

7. Sapi dapat berteman terbaik dengan sesamanya.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Sapi bisa memiliki hubungan persahabatan dengan beberapa sapi lain dari kawanannya. Tingat stres pada sapi akan berkurang ketika mereka menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Tetapi jika mereka dipisahkan dan ditempatkan dalam kelompok yang berbeda, sapi mungkin mulai menderita tingkat stres yang tinggi. Setelah beberapa waktu, mereka kehilangan koneksi ramahnya dan tidak dapat memulihkannya, bahkan setelah mereka dipersatukan kembali.

8. Cara membuat seekor kucing agar percaya padamu adalah dengan berkedip sesering mungkin.

kucing Free-Photos dari Pixabay

Foto: Free-Photos dari Pixabay 

Saat berkedip, kamu menunjukkan kepada kucing bahwa kamu tidak berbahaya dan kucing itu bisa mempercayaimu. Lebih baik berkedip perlahan, dengan cara ini kamu akan menunjukkan cintamu kepada kucing. Kucing merasa berkedip seperti ini karena di dunia mereka, ketika kamu menutup mata di hadapan pemangsa lain, itu adalah tanda tingkat kepercayaan tertinggi.

9. Beberapa laba-laba memasak makanan di atas pasir panas.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Foto: Jaring tangkap simetris yang menutupi liang betina Seothyra fasciata

Seothyras hidup di gurun Namib dan di bagian lain Afrika Selatan. Mereka milik keluarga laba-laba Eresid. Mereka berburu semut yang bersembunyi di pasir. Ketika mereka merasakan getaran yang mungkin datang dari pergerakan "makanan" potensialnya, laba-laba mengambil semut dengan kakinya dan menaruhnya di pasir panas. Kemudian mereka hanya menunggu sampai dimasak hidup-hidup.

10. Jerapah menggunakan komunikasi infrasonik.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Tahukah kamu bahwa jerapah dapat mengembik, mengeong, batuk, moo, mengaum, mendengus, bersiul, mendengkur, dan mendengkur? Tetapi hal yang paling menarik adalah mereka hewan yang sangat ramah. Dan mereka “berbicara” satu sama lain dengan bantuan infrasonik, yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia.

Para peneliti bahkan berhasil memecahkan beberapa suara. Misalnya, ketika seorang pria batuk, mereka menunjukkan kasih sayangnya kepada seorang wanita. Dan jika mengeluh, mereka menunjukkan bahwa mereka bertentangan dengan laki-laki lain. Jika perempuan mendesis, dia memarahi atau mengajar jerapah muda.

11. Fakta kenapa burung selalu buang air di mana saja mereka mau.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Burung tidak memiliki sfingter. Nah, untuk lebih tepatnya, ada beberapa otot di sekitar kloaka mereka tetapi hampir tidak berkembang. Jadi burung tidak bisa mengendalikan proses buang air besar. Produk limbah mereka meninggalkan tubuhnya tanpa ada tindakan dari burung setelah sejumlah tertentu terkumpul.

12. Okapi dianggap binatang mitos sampai abad ke-20.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui


Okapi, yang sering disebut sebagai semi-zebra-semi-jerapah, menjalani gaya hidup tertutup di alam liar. Hewan-hewan ini tidak dikenal di dunia Barat sampai awal abad ke-20 dan bahkan dianggap makhluk mitos, seperti unicorn atau naga.

13. Ikan mas tidak harus disimpan dalam wadah kecil.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Ikan mas sering disimpan di akuarium kecil dengan volume kurang dari satu galon air. Meskipun makhluk kecil ini cukup tangguh, mereka membutuhkan akuarium yang dapat menampung setidaknya 5 galon air untuk kehidupan yang nyaman.

Faktanya adalah bahwa ikan ini menghasilkan sejumlah besar limbah, sehingga mereka membutuhkan sistem penyaringan yang sangat kuat di akuarium mereka. Dan yang paling penting, ikan mas dapat tumbuh hingga sekitar 10-12 inci panjangnya dan hidup hingga 20+ tahun. Hanya sedikit orang yang menduga hal ini karena makhluk rapuh ini sering mati pada usia muda, bahkan tanpa memiliki cukup waktu untuk tumbuh. Dan itu semua karena mereka berada di akuarium yang salah.

14. Seekor beruang dapat berlari lebih cepat daripada seekor kuda.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Hal ini mungkin tampak mustahil, tetapi beruang benar-benar mampu melampaui kuda pacuan.

15. Berang-berang memegang tangan saat tidur.

Inilah 15 fakta tentang hewan yang jarang diketahui

Ketika berang-berang tidur telentang sambil mengambang di atas air, mereka berpegangan tangan sehingga tidak akan terpisah ketika sedang tidur. Sangat lucu, bukan?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red