Wanderlust atau keinginan yang kuat untuk menjelajah adalah salah satu alasan utama di balik 10 penjelajah yang benar-benar hebat ini untuk meninggalkan seluruh harta dan keluarga mereka ketika hasrat mengeksplorasi dunia sudah menjadi tujuan hidup. Saat ini, meskipun teknologi meningkat dari hari ke hari, bepergian ke seluruh dunia tampaknya masih menjadi tugas yang menantang. Kehormatan yang sangat besar ada di belakang orang-orang yang menjelajahi dunia sejak zaman kuno hingga hampir memberi tahu dunia dengan berbagai macam penemuan. Warisan yang ditinggalkan oleh mereka pun masih diikuti di dunia modern.

Nah, berikut ini 10 penjelajah hebat dunia kuno yang layak dikagumi bahkan hingga hari ini.

1. John Cabot (1450 1500).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

John Cabot adalah seorang penjelajah maritim yang lahir pada tahun 1450 di Italia. Dia menjelajahi bagian pesisir Amerika Utara. Ia hidup dalam periode waktu yang sama dengan Christopher Columbus. Cabot memulai perjalanan pertamanya, tetapi sayangnya berujung pada kegagalan. Namun, ia tidak pernah menyerah pada kegagalannya, yang membuatnya menjadi penjelajah paling terkenal di dunia. Pada 1497 ia menjelajahi Irlandia, Atlantik, dan Semenanjung hingga kembali ke Bristol di Inggris. Sangat disayangkan untuk dicatat bahwa kematiannya masih dianggap sebagai misteri dan kontradiktif. Banyak sekolah, jalan, alun-alun, menara, dan sebagainya dinamai Cabot di Italia, Inggris, dan Kanada untuk menghormati jasanya.

2. Roald Amundsen (1872 1928).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Roald Amundsen adalah penjelajah terkenal sepanjang masa sebagai orang pertama yang mencapai Kutub Selatan dan Kutub Utara. Dia melakukan ekspedisi pertama serta memulai perjalanan melalui Northwest Passage di wilayah Kutub Utara. Dilahirkan pada tahun 1872 di Norwegia, hasrat terbesarnya adalah menjelajahi tempat-tempat di alam luar yang liar. Dia menunjukkan kepada dunia bagaimana menghadapi kerasnya daerah kutub dan melawan penyakit kudis. Jujur sulit untuk membayangkan tempat-tempat seperti Antartika untuk dijelajahi bahkan hari ini, apalagi pada saat itu Amundsen beserta seluruh masalah selama perjalanan dengan gagah berani menjelajahi banyak tempat. Selain itu, banyak tempat diberi nama setelah penjelajahan Amundsen. Pada tahun 1921 dia hilang selama misi penyelamatan dan ada banyak kecurigaan dia terbunuh akibat kecelakaan pesawat.

3. Captain James Cook (1728 1779).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

James Cook adalah orang Eropa pertama yang menemukan Hawaii. Lahir pada 1728 di Yorkshire, Inggris, ia adalah kapten Angkatan Laut Kerajaan. Cook juga menjadi orang Eropa pertama yang menjelajahi pantai timur Australia. Sangat akurat dalam hal perpetaan, orang-orang mengikuti petanya sampai akhir abad ke-20 dan memanggilnya "pembuat peta utama". Cook berlayar tiga kali dan menemukan Kepulauan Pasifik, Hawaii, dan Kepulauan Cook. Dalam perjalanan pertamanya, ia mencapai Selandia Baru, dan kemudian pergi ke Lingkaran Antartika untuk akhirnya mencapai zona beku Kanada Barat dan Alaska. Pada 1779, ia terbunuh di tangan suku-suku Hawaii ketika mencoba menyerang Kepulauan dan mengambil alih pimpinan Hawaii.

4. Xuan Zang (602 664).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Xuan Zang adalah seorang biksu Buddha Tiongkok yang lahir pada tahun 602. Untuk mendapatkan pengetahuan mendalam tentang agama Buddha, Zang melakukan perjalanan hampir ke semua tempat di Cina sejak tahap awal kehidupannya. Pada 627, ia memulai perjalanannya dari Gansu dan akhirnya mencapai India. Saat mencapai India, perjalanannya mencakup sebagian besar bagian utara India untuk mempelajari agama Buddha India dan Cina. Bukunya "Great Tang Records on the Western Areas" menjadi sumber utama untuk studi abad pertengahan di Asia Tengah dan India pada tahun 646. Penelitian besar karya Zang selama lebih dari 17 tahun membantu banyak ilmuwan menemukan situs-situs kuno. Akhirnya, penjelajahannya berakhir ketika dia meninggal pada tahun 664.

5. Amerigo Vespucci (1454 1512).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Nama "Amerika" hari ini dinamai dari salah satu penjelajah terhebat sepanjang masa, Amerigo Vespucci. Seorang berkebangsaan Italia, eksplorasi Vespucci mencakup empat perjalanan dan yang terakhir diduga dilakukan pada tahun 1503. Proses pemikiran awal yang diajukan oleh Vespucci terbukti salah di mana dia beranggapan bahwa Brasil dan Hindia Barat merupakan bagian dari Asia. Dia menemukan dua kota terkenal Brazil, Rio de Janerio dan Rio de la Plata. Pada 1500, ia juga menemukan mulut Sungai Amazon. Wanderlust menjadi hasrat di balik perjalanannya membawa nama benua baru "Amerika" setelah Asia, Eropa, dan Afrika.

6. Vasco da Gama (1469 1524).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Vasco da Gama, seorang penjelajah Portugis yang lahir pada tahun 1469 sangat berperan dalam membangun perdagangan laut antara Portugal dan India. Dalam perjalanan pertamanya, ia meninggalkan Portugal pada 1487 dan mencapai India pada 1498, menghabiskan waktu hampir satu dekade. Dia memperkenalkan rempah-rempah, lada dan kayu manis ke Eropa. Selanjutnya, monopoli Portugal tidak dapat dihindari lagi. Rute lautnya adalah antara lain Eropa dan India, melewati Afrika Selatan, yang dianggap sebagai tonggak sejarah eksplorasi dunia. Vasco adalah tokoh terkenal untuk membangun kerajaan kolonial di Asia dan India. Dalam perjalanan keduanya, dia bertanggung jawab atas pembunuhan sekitar 400 peziarah Muslim di atas kapal yang semuanya terbakar. Akhirnya, ia meninggal karena menderita malaria pada 1524.

7. Marco Polo (1254 1324).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Lahir pada tahun 1254, Marco Polo adalah pedagang dari Kota Venesia. Perjalanannya selama empat tahun ke Asia memengaruhi perdagangan antara Eropa dan India Timur. Selanjutnya, ia mencapai Cina dari Karakoram ke kota Beijing. Dia menghabiskan waktu sekitar 24 tahun di Asia dan kembali ke Venesia pada 1295. Pada tahun berikutnya, dia ditangkap selama pertempuran Curzola. Buku The Travels of Marco Polo yang ditulis olehnya memberi orang Eropa pandangan sekilas tentang Cina, Jepang, dan India.

8. Ibn Battuta (1304 1369).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Ibn Battuta dianggap sebagai pelancong terbesar dalam sejarah yang merupakan seorang pelaut Maroko yang lahir pada tahun 1304. Ia melakukan perjalanan di dunia selama abad pertengahan selama lebih dari 30 tahun. Battuta menjelajahi negara-negara seperti Amerika Utara, Irak, Persia, Somalia dan Semenanjung Arab antara tahun 1325 dan 1332. Dia telah melewati laut dan daratan untuk mencapai wilayah Laut Hitam. Selama pertengahan abad ke-14 ia menjelajahi bahkan Spanyol dan Afrika. Perjalanan selama masa hidupnya ditulis dalam buku "The Travels". Bahkan hari ini, ia menginspirasi banyak Muslim dan penulis perjalanan di seluruh dunia dalam hal eksplorasi. Gairahnya terhadap perjalanan dianggap luar biasa.

9. Christoper Columbus (1451 1506).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Pada 1472, dengan bantuan raja Ferdinand dari Spanyol, Christopher Columbus bersama 120 anggota kru berlayar untuk menemukan dunia yang sama sekali baru. Dia menemukan Pulau Watling di Bahama. Selanjutnya, ia menamainya sebagai San Salvador. Selanjutnya, Columbus menjelajahi Kuba, Jamaika, dan Haiti. Juga melihat daratan Amerika Selatan di perjalanan ketiganya dan menjelajahi Trinidad, Tobago dan Grenada. Akhirnya, perjalanan terakhirnya adalah pada tahun 1502, di mana ia mencapai Panama, Kosta Rika dan Honduras. Sangat menarik untuk dicatat bahwa ia melakukan perjalanan ke hampir semua tempat tersebut 100% melalui laut.

10. Ferdinand Magellan (1480 1521).

Inilah 10 penjelajah dunia paling terkenal di zaman kuno

Magellan adalah penjelajah pertama dalam sejarah yang mengelilingi dunia dan orang dengan pelayaran pertama yang melintasi Samudra Pasifik. Dilahirkan dari keluarga Portugis pada tahun 1480, ia ditunjuk oleh raja Spanyol untuk menemukan jalur memutar ke pulau-pulau Maluku, yang terletak di sebelah barat New Guinea pada tahun 1505. Selain itu, Kepulauan Maluku juga dikenal sebagai "Kepulauan Rempah-Rempah". Pada 1519, sekitar lima kapal yang membawa 270 awak kapal meninggalkan Spanyol di bawah komando Magellan. Mereka melakukan perjalanan melalui Kepulauan Canary, Brasil, Ekuador, dan Cape Virgins. Jalur sepanjang 600 Km dekat Cape Virgins saat ini disebut sebagai "Selat Magellan". Ekspedisi itu mencapai Filipina pada 1521, yang merupakan eksplorasi pertama orang Eropa yang mencapai tempat itu. Magellan tidak dapat menyelesaikan seluruh perjalanan karena ia terbunuh selama "Pertempuran Mactan" pada tahun 1521 di Filipina dengan cara yang sangat brutal.