Dalam kunjungannya ke berbagai daerah di Indonesia, Presiden Jokowi seringkali memberikan kuis kepada masyarakat. Dan hadiah dari kuis itu adalah sepeda. 3 tahun Jokowi menjabat, tak kurang dari 119 unit sepeda telah dibagikan oleh beliau.

Namun tentu saja hadiah sepeda itu tak diberikan secara cuma-cuma. Biasanya Presiden akan memberikan pertanyaan terlebih dahulu. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan itu barulah dihadiahi sepeda.

Lantas pertanyaan apa saja yang sering diajukan Presiden dalam kuis sepeda itu? Kami merangkumnya sebagai berikut:

1. Menyebutkan bunyi Pancasila

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh Presiden dalam kuis sepeda adalah tentang Pancasila. Biasanya audiens yang beruntung akan disuruh oleh Presiden untuk menyebutkan bunyi kelima Pancasila secara lengkap.

Meski terkesan mudah, tapi nyatanya orang yang ditanya terkadang masih salah menyebutkan kalimat demi kalimat Pancasila. Mungkin karena grogi berhadapan langsung dengan orang nomor satu Indonesia kali ya?

2. Menyebutkan suku-suku yang ada di Indonesia

Pertanyaan ini juga sering ditanyakan Presiden dalam kuis sepeda. Dengan banyaknya suku yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, Presiden biasanya mendaulat untuk menyebutkan beberapa saja (biasanya 5 atau 7).

3.Menyebutkan pulau-pulau yang ada di Indonesia

Presiden juga sering memberikan pertanyaan tentang pulau-pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Sama seperti suku, Presiden biasanya menyuruh untuk menyebutkan 5 atau 7 pulau. Mulai dari pulau yang besar hingga pulau-pulau kecil.

4.Menyebutkan provinsi yang ada di Indonesia

Provinsi di Indonesia jumlahnya ada 34. Dari jumlah itu biasanya Presiden meminta untuk menyebutkan beberapa saja. Meski pengetahuan tentang provinsi begitu umum, tapi terkadang orang yang ditanya masih gagap dalam menjawab.

5.Menyebutkan nama-nama ikan yang ada di Indonesia

Meski pertanyaan ini jarang diajukan oleh Presiden, namun dalam beberapa kesempatan Presiden menanyakannya. Seperti yang dilakukan Presiden di Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada tanggal 19 Oktober 2016. Ketika itu Presiden mendaulat seorang nelayan untuk menyebutkan 10 nama ikan.

6.Menyebutkan nama beliau sendiri

Pertanyaan ini juga termasuk jarang ditanyakan oleh Presiden. Biasanya diberikan kepada orang yang sudah berusia lanjut. Misalnya yang ditanyakan Presiden kepada seorang laki-laki yang sudah lansia ketika menyerahkan sertipikat tanah di Magelang, Jawa Tengah, pada tanggal 18 September 2017.

Nah, itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh Presiden Jokowi dalam kuis sepeda. Hafalin pertanyaan itu beserta jawabannya ya. Siapa tahu suatu saat Presiden datang ke kotamu, dan kamu didaulat untuk maju ke depan. Malu, kan, bila ditanya Presiden tapi tak bisa menjawab. [*]

CATATAN: diolah dari berbagai sumber, terutama dari video-video di akun Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI. Gambar thumbnail diambil dari halaman Facebook Setkab RI.