×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini penyebab tongue tie pada bayi dan cara pengobatannya

0

Bayi

Ini penyebab tongue tie pada bayi dan cara pengobatannya

Bayi menggunakan lidah untuk memudahkan proses menyusu, namun bayi yang mengidap tongue tie akan mengalami kesulitan dalam menyusu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

10 / 09 / 2019 14:02

Tongue tie merupakan suatu kondisi di mana bayi akan mengalami kesulitan ketika menggerakkan lidah. Kondisi ini terjadi pada bayi ketika lahir yang menyebabkan jaringan lidah pada bayi menjadi sangat pendek.

penyebab-tongue-tie-pada-bayi

Sumber: https://rheumapas.com/

Tongue tie merupakan kelainan kongenital yang terjadi karena pita frenulum lingual yang memendek, sehingga membuat lidah bayi tidak memiliki jarak dengan bagian bawah lidah. Bayi yang mengidap kelainan ini tidak dapat menjulurkan lidahnya dengan panjang seperti bayi normal.

Kelainan ini juga membuat bayi mengalami kesulitan untuk menyusui sejak lahir. Kondisi ini bahkan dapat menyulitkan bayi untuk berbicara ketika sudah tumbuh dewasa. Meskipun begitu, kondisi ini masih dapat diatasi.

Loading...

Lantas, apa penyebab tongue tie pada bayi dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut ini merupakan penyebab utama terjadinya tongue tie pada bayi.

1. Faktor genetik.

Faktor genetik atau turunan menjadi salah satu penyebab terjadinya tongue tie pada bayi. Kelainan ini terjadi ketika bayi masih berada di dalam kandungan dan akan terbawa hingga lahir. Pada bayi normal, jaringan frenulum akan terpisah sebelum ia lahir. Sementara itu pada bayi pengidap tongue tie tidak terpisah. Oleh karenanya kebanyakan kasus tongue tie terjadi karena faktor keturunan.

2. Lebih banyak ditemukan pada bayi laki-laki.

Kelainan tongue tie lebih banyak ditemukan pada bayi laki-laki dibandingkan dengan bayi perempuan. Meskipun penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini umumnya berhubungan dengan faktor keluarga. Saat ini, peluang untuk terjadi pada bayi perempuan mungkin sama besar dengan peluang terjadi pada bayi laki-laki.

Pengobatan tongue tie.

Pada dasarnya, tongue tie tidak memerlukan pengobatan khusus ketika bayi atau anak-anak dengan kondisi tersebut masih bisa makan dengan baik. Namun pada sebagian kasus, dokter akan melihat perkembangan kondisi bayi karena frenulum dapat meregang seiring berjalannya waktu. Ketika lidah bayi sudah mulai lentur atau tidak kaku, maka bayi sudah dapat diberi ASI seperti biasa. Namun apabila kondisi lidahnya tidak mengalami perubahan, maka dokter akan melakukan tindakan fretonomy.

Pada kondisi tersebut, dokter akan memeriksa lidah bayi, kemudian bagian bawah lidah akan digunting agar jaringan frenulum terbuka. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab prosedur fretonomy ini akan dilakukan dengan sangat cepat dan tidak akan terasa sakit. Selain itu, darah yang akan keluar juga sedikit dan tangisan bayi tidak akan berlangsung lama. Tak hanya itu, risiko komplikasi akibat prosedur ini juga sangat kecil.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red