×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kulit pisang punya banyak manfaat lho, jangan langsung dibuang ya

0

News

Kulit pisang punya banyak manfaat lho, jangan langsung dibuang ya

Bisa untuk mengatasi masalah kesehatan lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Wiki Wandarisman

12 / 06 / 2018 15:12

 

Selain buahnya yang kaya manfaat, pisang juga masih menyimpan manfaat yang terdapat pada kulitnya. Kulit pisang memiliki kandungan B6 dan B12 yang tinggi serta mengandung mineral seperti magnesium dan kalium. Selain itu, kulit pisang juga mengandung vitamin A, B, C, dan E yang dapat bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari kulit pisang bagi kesehatan.

1. Mengobati gigitan serangga.

Gigitan serangga akan menyebabkan bentol atau benjolan kemerahan di kulit serta terasa panas dan gatal. Kulit pisang dapat mengatasi dan mencegah penyebar luasan hal tersebut dengan cara digosokkan ke bagian benjolan.

Loading...

2. Mengobati kutil.

Berbeda dengan gigitan serangga, bagi sebagian orang kutil memang tidak menyakitkan, tapi cukup mengganggu penampilan dan sulit dihilangkan. Namun, dengan kulit pisang pertumbuhan kutil dapat dicegah bahkan dihilangkan karena mengandung zat kalium. Caranya cukup menempelkan kulit pisang pada kutil dan diamkan semalaman. Lakukan hal tersebut secara rutin selama dua minggu.

3. Mengobati jerawat.

Kulit pisang mengandung antioksidan termasuk lutein yang mampu melindungi kulit dari pengaruh negatif sinar matahari. Kulit pisang juga mengandung asam lemak yang teresterifikasi yang dapat digunakan untuk mengobati eksim dan psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Biasanya terjadi di bagian tangan, kuku, dan alat kelamin.

Cara menggunakan kulit pisang untuk mengatasi jerawat adalah cuci bagian jerawat dengan air bersih dan keringkan. Tempelkan kulit pisang dan lakukan pijatan ringan selama 10 menit. Jika kulit pisang sudah mengering, maka gantilah dengan kulit pisang baru. Tunggulah sampai 20 menit hingga nutrisi yang terdapat dalam kulit pisang dapat diserap dengan baik, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi proses tersebut 2-3 kali dalam sehari hingga jerawat hilang.

4. Meredakan rasa nyeri.

Kulit pisang ternyata bisa juga digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Caranya cukup dengan menempelkan kulit pisang ke bagian yang terasa nyeri tersebut dan rasakan manfaatnya. Selain itu, bisa juga membuat pasta dari campuran minyak sayur dan kulit pisang. Kemudian oleskan pasta tersebut ke bagian yang terasa nyeri.

5. Menurunkan kolesterol.

Salah satu zat yang membantu menurunkan kolesterol adalah serat pangan larut air yang disebut pektin. Kulit pisang bisa menjadi alternatif menurunkan kolesterol karena mengandung zat pektin yang cukup tinggi. Penelitian menunjukan konsumsi pektin dalam kulit pisang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 52%. Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam tubuh, berarti bisa mencegah dari penyakit yang berbahaya seperti jantung koroner.

6. Merawat mata.

Kulit pisang dapat digunakan untuk merawat mata dengan cara menggosokkan kulitnya ke bagian kelopak mata dan bagian bawah mata. Dengan menggosok bagian kelopak mata dapat mencegah mata dari radiasi matahari dam mencegah katarak. Sedangkan mengoles pada bagian bawah mampu menghilangkan kantong mata.

7. Mengatasi kulit keriput.

Berkat kandungan nutrisinya, kulit pisang mampu menjadi agen hydrating yang baik serta mampu mengatasi kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Hal tersebut dikarenakan kulit pisang mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit. Caranya dengan menghancurkan bagian dalam kulit pisang lalu oleskan ke wajah Kemudian siram dengan air bersih dan tunggu hingga 15 menit. Hal tersebut merupakan rahasia alami menjaga kulit tetap awet muda.

Itulah sejumlah manfaat dari kulit pisang yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang kita rasakan. Semoga bermanfaat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red