Banyak pantai tersebar di Indonesia. Namun tak sedikit pula pantai yang jarang dijamah manusia karena letaknya yang tersembunyi atau letak pantainya jauh dari keramaian kota.Untuk mencapai pantai tersembunyi tersebut diperlukan usaha ekstra.

Jika kamu tak memiliki kendaraan sendiri, siapkan sedikit dana ekstra untuk menyewa mobil atau sepeda motor, karena angkutan umum menuju tempat-tempat ini amat sulit ditemukan.

Sepanjang perjalanan menuju pantai, kamu akan melalui pedesaan tradisional yang eksotis, perbukitan, hingga melintasi hutan.


Semua usaha ekstra kamu itu akan sebanding dengan pemandangan indah yang kamu temui di 5 pantai tersembunyi di daerah Yogyakarta ini.

1. Pantai Dadap Ayam, berpetualang ke 'Pantai Perawan'.


Saking terpencilnya pantai ini, yang sering berkunjung ke pantai ini hanyalah warga lokal yang mengumpulkan tanaman Dadap Ayam untuk digunakan sebagai obat tradisional atau rumput laut yang tumbuh di cekungan batu karang.

5 Keindahan pantai tersembunyi yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja

Menikmati Kesunyian di Pantai Dadap Ayam, Yogyakarta (Foto by Pidjar.com)


Hamparan koral yang menghijau akibat tertutup oleh ganggang dan rumput laut sepintas mengingatkan akan Pantai di Bali. Berhati-hatilah saat berjalan, karena selain licin juga terdapat permukaan batu yang cukup tajam.


Kalau kamu tidak ingin gosong terbakar matahari, kamu dapat berteduh di bawah ceruk karang yang banyak dijumpai di sepanjang pantai.

Jangan lupa untuk membawa serta alas dan perbekalan untuk menikmati piknik di salah satu lokasi paling tersembunyi di Yogyakarta ini. Hembusan angin laut serta deburan suara ombak tentunya bisa membuat pikiran kamu kembali jernih dan santai.


Segera kunjungi pantai ini mumpung masih sepi, karena saat ini tengah dibangun jalan menuju pantai yang membuat aksesnya menjadi jauh lebih mudah.

Dan itu artinya dalam waktu dekat tempat ini tidak akan private lagi!

2. Pantai Wedi Ombo.

Pantai Wedi Ombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta


Pantai Wedi Ombo dikelilingi oleh gugusan karang yang berjajar rapi, sekilas laguna alami di Pantai Wedi Ombo tampak seperti sengaja dibuat oleh manusia.


Kamu juga bisa berendam di laut tanpa takut tersapu ombak. Kami dapat melakukannya di Pantai Wedi Ombo yang terletak di Gunung Kidul. Kamu dapat bersantai di dalam air laut dengan tenang sambil menunggu matahari terbenam.

5 Keindahan pantai tersembunyi yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja

Santainya berendam di laguna Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta (Foto by Travelling yuk.com)

3. Pantai Nglambor.

Terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Hampir semua pantai di Yogyakarta berada pesisir selatan Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang memiliki ombak sangat besar, sehingga membatasi pengunjung untuk melakukan aktivitas berenang dan snorkeling.

5 Keindahan pantai tersembunyi yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja

Asyiknya Snorkling di Pantai Nglambor, Yogyakarta (Foto by fotoyogya.id)

Tapi tidak dengan Pantai Nglambor. Berkat adanya pulau-pulau karang berbentuk menyerupai dua ekor kura-kura, terjangan ombak besar pun dapat dijinakkan sehingga perairan di tepi pantai ini cenderung lebih tenang dan dangkal. Bahkan terumbu karang pun dapat tumbuh dengan indah dan menjadi rumah bagi berbagai ikan cantik beraneka warna.

Tersembunyi di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan, pantai Nglambor tidak memiliki akses jalan langsung. Jika kamu membawa kendaraan harus memarkirkan kendaraannya terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter.

Justru aksesnya yang sulit dicapai tersebut menjadikan suasana di pantai ini terasa begitu private dan eksklusif.

Air laut yang jernih bisa membuat kamu melihat langsung binatang laut, ikan-ikan kecil dan penghuni laut lainnya. Namun jika kamu ingin melihatnya lebih dekat lagi, kamu bisa melakukansnorkling. Permukaan Pantai Nglambor layaknya sebuah akuarium raksasa.

4. Pantai Wohkudu, Surga yang Terapit Dua Tebing.


Terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Pantai Wohkudu memiliki pesona dan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan. Karena lokasinya yang sukar dicapai atau minimnya informasi tentang pantai ini yang membuatnya sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai ini khusus bagi kamu yang menyukai tantangan. Jalan berliku serta medan yang cukup berat begitu memasuki Kecamatan Panggang (hanya ada pepohonan di kanan kiri jalan) membuat kamu butuh usaha ekstra untuk mengunjunginya.

5 Keindahan pantai tersembunyi yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja

Pantai Wohkudu dari atas, terhimpit oleh dua tebing (Foto by yogyaku.com)

Lambat laun jalan yang ditempuh pun menjadi semakin sempit, sehingga mau tak mau kamu harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati ladang pertanian warga.

Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui penuh dengan semak belukar sehingga kamu harus berhati-hati. Namun semuanya akan terbayar lunas saat kamu melihat panorama laut, pasir putih dan tebing-tebing yang berdiri kokoh diantara bibir pantai.

Selain indah dilihat, celah karang yang ada di pantai ini memberikan perlindungan tersendiri bagi para pengunjung. Panjang bibir Pantai Wohkudu cukup sempit, kurang dari 100 meter dengan pasir pantai berwarna putih yang sebagian tertutup batu karang serta tanaman liar.

5. Pantai Pandansari.

Pantai Pandansari terletak di Bantul, merupakan satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki mercusuar dengan ketinggian menjulang lebih dari 30 meter.

5 Keindahan pantai tersembunyi yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja

Mercusuar yang menjulang tinggi di pantai Pandan Sari (Foto by liputan yogya.id)

Mercusuar yang berdiri sejak tahun 1997 ini terbuka untuk dinaiki para pengunjung. Tapi siapkan tenaga ekstra karena kamu harus melalui ratusan anak tangga yang melingkar hingga ke puncaknya.

Pasir pantai ini berwarna coklat kehitaman dengan deretan pohon cemara udang menghiasi bibir pantai. Pada musim kemarau (antara April-September), daun pohon-pohon tersebut akan meranggas menyisakan ranting pohon berwarna kecoklatan yang mengingatkan akan suasana musim gugur di Jepang.