×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini cara agar tetap aman saat berselancar di dunia maya

0

Gadget

Ini cara agar tetap aman saat berselancar di dunia maya

Begini langkah sederhana agar tetap aman saat menjelajahi internet.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Medi iffredista

30 / 01 / 2020 12:01

Tetap aman di internet berkaitan dengan program yang kamu gunakan dan tindakan pencegahan yang kamu ambil untuk menjaga dari serangan virus dan orang lain di luar dari komputermu. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari pencurian identitas.

Agar tetap aman di internet, kamu memerlukan beberapa program dan beberapa prosedur yang bisa diikuti. Pertama, kamu harus memiliki program antivirus di komputermu. Apa pun sistem operasi yang digunakan, kamu memerlukan antivirus untuk memindai file komputermu. Program antivirus bekerja seperti Security di sebuah perumahan; tugasnya adalah menjaga aktivitas tidak sah apa pun dari mesinmu.

Ini cara agar tetap aman saat berselancar di dunia maya

Sumber gambar: deminasi.com

Ini adalah garis pertahanan pertamamu melawan virus dan peretas yang tidak bertanggung jawab. Ada teori di luar sana bahwa OS tertentu tidak bisa diinfeksi virus, tetapi lebih baik kamu menggunakan cara aman daripada menyesal belakangan. Peretas semakin lihai dari waktu ke waktu sehingga yang terbaik adalah perangkatmu harus selalu terlindungi.

Loading...

Sebagian besar program antivirus juga memiliki firewall bawaan. Firewall berfungsi sebagai lapisan perlindungan ekstra antara kamu dengan apa pun yang berada di internet, terutama hal-hal yang tidak kamu inginkan terjadi di komputermu.

Sebagian besar router juga memiliki satu firewall sehingga secara default kamu biasanya memiliki dua firewall per komputer. Jangan lupa bahwa antivirus ada yang berbayar dengan cara langganan tahunan dan semestinyalah kamu mendapatkan apa yang kamu bayar. Memang ada beberapa yang gratis yang berfungsi dengan baik, tetapi ketahuilah bahwa kamu akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik dengan versi berbayar.

Antivirus mana yang harus saya pilih?

Beberapa program antivirus yang bagus untuk membantu kamu tetap aman di internet adalah:

1. Bitdefender.

Sekarang ini adalah antivirus yang teratas dan dapat ditemukan di bitdefender.com.

2. ESET.

Ini adalah antivirus yang saya sarankan paling sering untuk klien saya karena lebih murah dan berfungsi dengan baik. Kamu dapat menemukannya di eset.com.

3. Webroot.

Program lain yang saya rekomendasikan kepada klien saya dan banyak orang yang mengenalnya. Situs web mereka adalah webroot.com.

4. Norton.

Satu lagi yang umum, kamu bisa mendapatkannya di Norton.com. Saya jarang merekomendasikan Antivirus yang satu ini karena beberapa sebab spesifik dalam beberapa fungsinya.

5. McAfee.

Saya hanya memasukkannya ke dalam list hanya karena antivirus ini ada uji coba gratisnya. Program ini akan sangat memperlambat komputermu karena selalu bekerja di latar belakang. Saya tidak menyarankannya, tetapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali memiliki antivirus.

6. Avast, AVG, dan yang gratis lainnya.

Ini adalah daftar antivirus yang gratis dan paling populer. Memiliki salah satu dari Antivirus ini jelas lebih baik daripada tidak sama sekali.

Manajemen kata sandi.

Setiap orang memiliki kata sandi yang perlu mereka ingat untuk situs-situs yang hanya mereka gunakan sesekali. Yang kamu butuhkan adalah cara penyimpanan yang aman dan mudah kamu akses.

Pertama, tanyakan pada diri kamu apakah kamu lebih nyaman dengan menyimpan kata sandi pada sebuah kertas atau pada perangkat elektronik. Bagi orang yang lebih nyaman dengan kertas salinan, saya telah melihat mereka menggunakan buku catatan atau buku alamat untuk menyimpan beberapa kata sandi. Sebuah buku alamat adalah pilihan yang baik karena kamu dapat meletakkannya di bawah surat dan membuatnya lebih mudah ditemukan. Pastikan bahwa salinan kata sandi itu mudah kamu temukan namun tidak bisa ditemukan oleh orang lain.

Jika kamu lebih suka menyimpan kata sandi pada perangkat elektronik, kamu dapat menggunakan lembar excel atau dokumen kata atau pengelola kata sandi online. Jika kamu akan menggunakan dokumen excel atau word, jangan beri nama file tersebut dengan "kata sandi". Berilah nama tertentu yang mudah kamu ingat bahwa itu adalah file kata sandi, tetapi nama itu lebih sulit ditebak bagi orang lain untuk mengetahui bahwa itu adalah kumpulan file kata sandi kamu. Ada beberapa pengelola kata sandi online yang mungkin bisa kamu pakai. Beberapa yang saya temukan adalah LastPass, Roboform, dan Dashlane.

Jangan percayai pop up pada komputermu.

Ini cara agar tetap aman saat berselancar di dunia maya

 

Ini cara agar tetap aman saat berselancar di dunia maya

 

Ini cara agar tetap aman saat berselancar di dunia maya

Pernah melihat hal-hal semacam gambar di atas muncul di komputer kamu? Gambar-gambar tersebut bisa terlihat sangat menakutkan dan bahkan terdengar seperti mereka benar-benar telah mengambil alih komputermu.

Padahal kenyataannya semua itu hanyalah iklan pop up semata. Mereka hanya ingin kamu melakukan panggilan telepon dan berbicara dengan mereka. Begitu mereka dapat berbicara dengan kamu maka mereka dapat menakut-nakutimu agar memberi mereka uang untuk "memperbaiki" komputermu. Padahal faktanya tidak ada yang salah dengan komputermu dan ini hanyalah penipuan.

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Ingat, jika ada pop up dari komputermu dan memberimu nomor telepon untuk menelepon, jangan pernah melakukan panggilan ke nomor tersebut.

Ingat, tidak ada penyedia Antivirus yang secara personal akan menghubungimu melalui telepon saat Laptop/PC kamu bermasalah. Jika pun kamu harus menelepon penyedia antivirus yang digunakan, ambillah nomor telepon dari website resmi antivirus yang bersangkutan. Jangan gunakan nomor telepon dari iklan pop up.

Microsoft, Norton, AOL, McAfee, ESET, Smadav atau perusahaan Antivirus lainnya tidak peduli jika kamu memiliki masalah pada perangkat komputermu. Iya, mereka memiliki produk yang melindungimu tetapi mereka tidak memonitor komputermu dari jarak jauh. Jika kamu memiliki program antivirus yang bagus maka program itu akan membuatmu tetap aman di internet.

2. Ini hanya pop-up.

Jika pop up ini masih muncul, cobalah tekan X (keluar) dari program terlebih dahulu. Jika itu tidak berhasil maka lanjutkan dengan Ctl + Alt + Del dan akhiri program (kemungkinan besar sumber pop up ini berasal dari browser internet yang kamu gunakan).

3. Jika tidak ada satu pun dari opsi tersebut berhasil menghilangkan iklan pop up tadi, cobalah matikan komputer dengan tombol power.

Tekan dan tahan tombol daya pada komputer selama 20 detik. Tetap tekan tombol power sampai layar benar-benar menjadi hitam, tahan selama 20-30 detik untuk memastikannya mati. Kemudian hidupkan kembali. Pop up biasanya sudah hilang.

Ini adalah hal yang sangat sederhana untuk dilakukan agar komputer dan informasimu tetap aman. Demikian ulasan tentang langkah sederhana agar tetap aman berselancar di internet.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red