×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 6 cara cepat beradaptasi di kantor, karyawan baru wajib tahu nih

0

Life

Ini 6 cara cepat beradaptasi di kantor, karyawan baru wajib tahu nih

Menggunakan cara agar cepat beradaptasi di kantor baru ini berguna untuk membuatmu nyaman dalam bekerja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Anisa Luciana

14 / 03 / 2019 10:30

Kamu karyawan baru di kantor atau dipindahtugaskan dari divisi lama ke divisi baru? Biasanya kendala yang paling sering dialami adalah masalah adaptasi. 

Karyawan baru biasanya suka merasa deg-degan saat harus beradaptasi dengan lingkungan kantor, salah satunya perasaan takut tidak disukai oleh karyawan lain yang lebih senior. Tapi mau tidak mau karyawan baru harus menghadapi dan menjalani proses itu.

Berikut beberapa tips buat kamu yang berstatus karyawan baru untuk memudahkan adaptasi di kantor baru. Semangat, ya!

1. Jadi diri sendiri.

Karyawan baru

Loading...

Misalnya kamu punya sifat jutek, menjadi diri sendiri bukan berarti kamu harus jutek sama teman-teman kantor. Apalagi dengan memakai alasan bersikap jutek pada mereka karena sudah takdir atau bawaan dari lahir. Jadi diri sendiri berarti kamu tidak berpura-pura dan tidak sok-sokan, seperti berpura-pura baik, sok pintar, sok tahu, sok peduli, dan sebagainya.

 

2. Jaga sikap dan omongan.

Karyawan baru

Ada berbagai macam sifat, kepribadian, pemikiran, dan kepercayaan orang. Bisa saja hal yang menurut kamu biasa justru merupakan hal yang sensitif bagi temanmu. Oleh karena itu, sedapat mungkin kamu harus bisa menjaga sikap dan ucapan. Meski kamu sedang berusaha menjadi diri sendiri, tata krama dan sopan-santun tetap harus diperhatikan dan diterapkan.

 

3. Bersikap ramah.

Karyawan baru

Jangan pelit senyum, jangan ragu untuk memberikan bantuan dan menyapa duluan teman-teman kantor yang kamu temui, termasuk para petugas keamanan kantor, office boy, dan office girl. Tunjukkan bahwa kamu sebenarnya memang pribadi yang ramah, bersahabat, hangat, dan welcome terhadap siapa saja.

 

4. Gak ikut-ikutan.

Karyawan baru

Misalnya teman-teman di kantor suka pergi karaoke, clubbing, nongkrong di kafe atau mengadakan arisan. Kalau kamu merasa tidak tertarik untuk ikutan atau berminat untuk ikut serta tapi penghasilan pas-pasan, sebaiknya jangan memaksakan diri. Jika mereka mengajak, katakan saja sejujurnya bahwa kamu memang kurang berminat. Sampaikan secara baik-baik dan ramah, mereka pasti bisa mengerti. Justru sikapmu yang tidak selalu 'mengikuti' akan membuat mereka melihat bahwa kamu bukan fake person.

 

5. Profesional.

Karyawan baru

Beramah tamah dan berakrab ria dengan sesama rekan kerja memang penting dan perlu. Tapi kewajiban dan tanggung jawab terhadap pekerjaan juga harus diutamakan. Usahakan agar keduanya dapat berjalan dengan seimbang. Pekerjaan kamu selesai tepat waktu dan hubungan dengan teman-teman kantor makin seru dan akrab tanpa kamu harus menyikut dan menjilat sana-sini. Teman-teman kantor pun bakal menaruh respek sama kamu dengan sendirinya.

 

6. Gak kepo dan ikut campur urusan orang lain.

Karyawan baru

Misalnya teman kerja di kantor ada yang mengalami masalah. Meskipun dia satu divisi dengan kamu atau meja kerjanya bersebelahan dengan kamu, kalau dia gak ngomong apapun ke kamu, kamu jangan kepo nanya-nanya, apalagi sampai sok ikut campur. Kamu gak perlu tahu urusan orang lain, tetap fokus bekerja saja. Sikap seperti itu gak bakalan membuat kamu dicap sombong kok. Kalau dia memang butuh bantuan kamu dan merasa nyaman curhat sama kamu, dia pasti bakalan cerita dengan sendirinya ke kamu.

 

Jadi anak baru di kantor memang sedikit ribet karena sepertinya karyawan senior terus-menerus mengawasi kalau-kalau kamu melakukan kesalahan. Yang penting kamu tetap berusaha lakukan yang terbaik dan bersikap profesional. Lambat laun hasil pekerjaan kamu akan dihargai oleh mereka. Semangat, guys!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red