×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

0

N/A

Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

Salak disebut sebagai snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

03 / 01 / 2019 14:11

Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Salak disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Di Indonesia ada beberapa daerah penghasil salak. Nah, berikut ini adalah 5 jenis salak unggulan yang ada di Indonesia.

1. Salak Pondoh.

Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

Foto: Yogya Tribunnews

Salak pondoh merupakan salak terbaik di Indonesia. Salak yang banyak dibudidayakan di daerah Merapi, Sleman ini juga didistribusikan ke berbagai supermarket. Bahkan rasa manisnya yang khas ini terkenal hingga mancanegara dan sering jadi buruan oleh-oleh turis asing.

Loading...

Daging buahnya manis dan tekstur daging buahnya renyah. Umumnya salak pondoh memiliki ukuran yang paling kecil dibanding salak-salak populer lainnya. Hal tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena beli 2 atau 3 kg saja sudah dapat banyak.

 

2. Salak Madu.

Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

Foto: salakmadu.com

Salak madu mengandung banyak air. Rasanya manis seperti madu, dagingnya berwarna kekuningan, bertekstur renyah, dan lembut.

Untuk ciri dari luarnya, kulit salak madu tipis dan mengkilap. Bentuk buahnya segitiga atau lonjong. Salak madu bisa berbuah berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim.

 

3. Salak Gading.

Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

Foto: Agrowisata

Salak gading warnanya kuning gading dan mengkilap, ukurannya sedang hingga besar. Rasa salak gading sedikit lebih masam, biasa dicari oleh orang-orang yang tidak terlalu suka manis.

 

4. Salak Gula Pasir.

Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

Foto: Kintamani.id

Salak gula pasir berasal dari pulau Bali. Keistimewaan salak Bali adalah rasanya yang manis, dagingnya yang tebal, dan bijinya yang kecil. Tekstur daging buahnya renyah dan berwarna putih kusam.

Keunikan dari salak gula pasir adalah ukurannya yang antara kecil-sedang, dengan buah yang berisi satu biji dengan 1-2 anakan berupa daging buah. Warna kulit buahnya coklat kehitaman dan bersisik kecil-kecil. Kulit salak gula pasir agak sulit untuk dikupas.

 

5. Salak Sidempuan.

Ini 5 jenis salak varietas unggul yang ada di Indonesia

Foto: Jayakartanews

Salak Sidempuan banyak dibudidayakan di Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Salak Sidempuan terbagi dalam dua varietas, yakni salak Padang Sidempuan merah dan salak Padang Sidempuan Putih.

Salak Padang Sidempuan merah memiliki memiliki warna daging buah yang semburat merah dengan rasa daging buah kombinasi manis, masam, dan sedikit sepat. Kulit buahnya bersisik besar dengan warna cokelat kehitaman.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red